Kenaikan Kouta Haji Batam Masih Menunggu Keputusan Pusat
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 14-01-2017 | 12:02 WIB
zulkifli-aka.jpg

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkifli Aka. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkifli Aka, mengaku masih menunggu surat edaran terkait dari Kemenag terkait kenaikan kouta jamaah haji Kota Batam.

"Kita sudah persiapkan rangkaian kegiatan sebelum jamaah diberangkatkan. Saat ini, kami masih menunggu surat keputusan dari pusat," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, persiapan yang dilakukan nantinya sama seperti tahun sebelumnya. Seperti pelatihan manasik haji. Nantinya para calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah.

Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

"Kami harap masyarakat yang terpanggil tahun ini segera mempersiapkan diri," ujarnya.

Pihaknya juga akan berkordinasi dengan berbagai instansi demi kelancaran proses penyelenggaraan Ibadah Haji.

"Ya, seperti kordinasi dengan kantor Imigrasi terkait paspor. Jangan sampai paspor jamaah haji bermasalah ketika mau berangkat," pungkasnya.

Editor: Yudha