50 Ribu Blanko akan Dikirim

Catat! Kadisduk Janji Tak Akan Lagi Kekosongan Blanko KTP di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 12-01-2017 | 13:26 WIB
Kadisduk-Capil-Batam,-Mardanis.gif

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Mardanis (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kekosongan blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kota Batam menjadi polemik bagi masyarakat. Karena meski sudah melakukan perekaman, warga tidak kunjung mendapatkan KTP, lantaran blanko mengalami kekosongan. Imbasnya, pengurusan administrasi masyarakat kesulitan sejak Oktober tahun lalu hingga saat ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Mardanis, mengakui hal tersebut. Kekosongan blanko tersebut terjadi karena ada permasalahan teknis gagalnya tender di pusat.

"Kekosongan blanko KTP salam 4 bulan karena ada permasalahan teknis dari pusat. Kami kasih surat petunjuk kepada masyarakat yang sudah merekam agar bisa melakukan pengurusan, jadi aman-aman saja. Untuk Akte lahir dan KK sampai sejauh ini berjalan lancar," ujar Mardanis saat ditemui di luar ruang kerjanya, Kamis (12/01/2017).

Mardanis berjanji, untuk tahun ini sampai tender blanko KTP di pusat rampung, Batam tidak akan lagi mengalami kekosongan blanko. Karena tender yang tengah dilakukan mencapai 250 ribu blanko KTP.

"Paling lambat Maret blanko datang. Tendernya itu mencapai 250 ribu blanko KTP. Jadi kami berharap Batam dapat banyak blanko," ujar Mardanis.

Mardanis mengaku, KTP yang menunggu dicetak di kecamatan hampir mencapai 50 ribu sejak mengalami kekosongan. Ia berharap Maret blanko yang dikirim pusat untuk Batam lebih dari 50 ribu blanko.

"Kami minta 50 ribu lebih blanko. Tahun ini saya janji tidak akan lagi ada kekosongan blanko KTP," pungkasnya.

Editor: Udin