Arus Balik dari Medan ke Batam Padat, KM Kelud Tak Berangkat ke Jakarta
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 05-01-2017 | 13:38 WIB
Kacab-Pelni-Batam,-Ending.gif

Kepala Pelni Cabang Batam Ending Wahyudi (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus balik tahun baru dan libur sekolah mengalami lonjakan yang signifikan, khususnya dari pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, menuju Batuampar, Batam menggunakan kapal milik Pelni, KM Kelud.

Kepadatan arus balik itu terjadi sejak Selasa (03/01/2017) lalu. Bahkan penumpang dari Medan, "membludak" di dermaga Pelabuhan Batuampar.

"Arus balik padat dari Medan pasca tahun baru tepatnya H+3 Selasa kemarin," ujar Kepala Pelni Cabang Batam Ending Wahyudi saat ditemui di ruang kerjanya, Sekupang, Kamis (05/01/2017) pukul 12.30 Wib.

Ending mengaku, arus balik akan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari Belawan ke Batam. Sebab, dari data penjualan tiket sintem online dan laporan jumlah penumpang yang berangkat ke Batam dari Medan, sudah mencapai 3.000 lebih pada Jumat (6/1/2017) besok.

"Besok kapal KM Kelud sandar di Batam dari Medan. Yang turun di Batam itu sudah mencapai 3.000 penumpang," tegasnya.

Ending mengaku, dalam minggu ini, KM Kelud hanya melayani Batam-Medan. Setidaknya ada tiga kali keberangkatan maupun kedatangan dari Batam-Medan. Hal itu untuk mengatisipasi atau mengakomodir arus balik Tahun Baru dan libur sekolah.

Sehingga, untuk tujuan Jakarta, ditiadakan untuk sementara. Nantinya tujuan Tanjungpriok akan di isi KM Kelud pada Selasa (10/01) mendatang.

"Jadi arus balik dari Medan ke Batam sangat padat, tanggal 3,6 dan 8, rata-rata penumpang yang turun mencapai 3.000 orang. Jadi untuk Jakarta, KM Kelud tidak melayani sampai Selasa depan," pungkasnya.

Editor: Udin