Wali Kota Batam Lantik Jefridin Sebagai Sekda
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 31-12-2016 | 08:00 WIB
Pelantikan-sekdabatam.jpg

Begini suasana pelantikan Jefridin sebagai Sekda Kota Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali kota Batam H. Muhammad Rudi melantik Jefridin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jumat (30/12/2016) seusai sholat Jumat di Lapangan Engku Putri Kota Batam.

Selain itu, Wali Kota juga melantik para pejabat esalon II, III dan IV, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintahan Kota Batam. Pelantikan berlangsung hikmat, meski diguyur hujan deras dan angin kencang.

Dalam pelantikan kali ini, tampaknya H. Muhamad Rudi tidak mau gegabah dalam menempatkan pejabatnya. Jika pejabat yang sudah memiliki track record buruk dan menjadi atensi publik, di-nonjobkan. Diantaranya adalah, Hendri, mantan Kepala Satuan Satpol PP dan Zulhendri mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam.

Selama tahun 2016 Hendri ramai diberitakan soal pungli penerimaan tenaga honor Satpol PP Kota Batam. Sedangkan nama Zulhendri juga ramai diberitakan terkait aksi ngemplang tak mau bayar kepada seorang ibu penjual makanan.

Selain itu, masih ada sosok yang masih "beruntung". Meski telah menjadi viral dan headline di berbagai media massa Batam, namun masih tetap mendapat posisi. Yaitu, Rustam Efendy, mantan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Batam. Kini, dia dipercaya mengurusi kearsipan dan perpustakan.

Padahal, Rustam Efendy telah tertangkap tangan oleh petugas BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Kepri sedang bersama dengan wanita penghibur di ruang VVIP Karaoke di sebuah hotel di kawasan Pelita Batam, beberapa waktu lalu. Bahkan, akibat ulah Rustam ini, Wali Kota Batam mendapat reaksi keras dari pejabat BNN Provinsi Kepri.

Baca: BNN Peringatkan Wali Kota Rudi Jangan Asal Bicara Soal Penangkapan Rustam Efendi

Sementara itu, sejumlah pejabat masih dipercaya melanjutkan tugasnya di tempat yang sama. Mereka itu adalah Muslim Bidin sebagai Kadisdik, Gustian Riau sebagai Kepala Dinas BPM, Rudi Syakiarti sebagai Kepala Disnaker dan Dendi Purnomo sebagai Kepala Bapedaldal Kota Batam.

Sedangkan posisi Kadis strategis, H. Muhammad Rudi menempatkan sosok baru. Yaitu, Yusfa Hendri sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Nurzali sebagai Kepala Satuan Satpol Pol PP dan Febrian sebagai Kepala Dinas Pariwisata.

Editor: Dardani