Kadin Batam Tetapkan 2017 Jadi Tahun Pariwisata
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 30-12-2016 | 16:50 WIB
jadi-rj1.jpg

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Batam menetapkan tahun 2017 Batam menjadi tahun pariwisata. Kadin juga segera koordinasi untuk pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam.

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan, pihaknya akan menyampaikan roadmap program strategis pariwisata Batam kepada Pemerintah Kota Batam, BP Batam, Dinas Pariwisata Kepri, Kementerian Pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) dan seluruh asosiasi/himpunan/organisasi dunia usaha di Batam.

"Sektor pariwisata merupakan sektor unggulan di Batam, setelah industri manufaktur, galangan kapal/shipyard, offshore, perdagangan dan jasa IT," kata Jadi, Jumat (30/12/2016).

Menurutnya, pemerintah daerah harus fokus dalam pengembangan sektor pariwisata yang selama ini belum di explore dengan maksimal. Diharapkan semua harus berbenah diri, mulai dari pengusaha, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata.

"Selain pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana, juga pengembangan tempat-tempat rekreasi menjadi destinasi objek wisata," tuturnya.

Ia juga berharap wisata olahraga (sport tourism) harus dikembangkan. Hal itu dapat terwujud karena Batam punya gelangang olahraga (sport centre) Temenggung Abdul Jalam yang merupakan aset BP Batam. Sport centre bisa dijadikan venue sport tourism untuk event-event baik tinggkat nasional maupun internasional.

"Bisa buat kompetisi bola antar club-club sepak bola, basket dan buluh tangkis Indonesia, singapore, malaysia dan thailand diadakan di Batam. "Termasuk event-event golf, balap sepeda diadakan di Batam," ujarnya.

Munculnya fasilitas hotel baru, seperti Best Western Primier Panbil, dinilai bisa menambah fasilitis penunjang kegiatan event MICE (meeting, incentive, converence and exhibition). Batam merupakan salah satu dari enam belas kota MICE unggulan di Indonesia.

Ia mengungkapkan, Kadin Batam dalam waktu dekat akan mengumpulkan semua asosiasi/himpunan/organisasi pariwisata dalam rapat koordinasi untuk pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam sesuai dengan UU No10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Kemudian diusulkan ke Pemerintah Kota Batam dan BP Batam. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) ini tugasnya membantu pemerintah untuk melakukan promosi dan menarik wisatawan asing dan nusantara ke Batam.

"Kita berharap, Kepala Dinas Pariwisata Batam dan Provinsi Kepulauan Riau yang baru mau dan mampu bekerja sama dengan Kadin Batam. Sekarang ini jamannya "Avenger" diperlukan kerja sama dari seluruh stakeholder pariwisata di Batam," harapnya.

"Kita minta juga kepada BP Batam agar core bisnisnya bisa beralih ke sektor pariwisata, investor yang masuk ke Batam diusahakan di sektor pariwisata," pungkasnya.

Editor: Dardani