Atasi Tumpukan Sampah Akhir Tahun, DKP Batam Sebar 79 Unit Bin Kontainer
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 27-12-2016 | 16:02 WIB
Bin-Container-DKP1.jpg

Inilah sebagian dari 79 Bin Kontainer milik Dinas Kebersihan Kota Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tumpukan sampah di pemukiman warga dan tempat pembungan sementara (TPS) di ahir tahun diyakini akan menumpuk. Itu dikarenakan habis kontrak pihak ketiga dan banyaknya hari libur satuan tugas (Satgas) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

Untuk mengatasi hal itu, DKP Batam berencana akan meletakan 79 bin kontainer yang akan disebar di 9 Kecamatan Kota Batam. Hal itu untuk mengantisifasi tumpukan sampah dalam menyambut akhir tahun.

"Tanggal 28,29 Desember kami akan drop 79 bin kontainer yang baru, di tempat pembuangan sementara. Itu untuk antisipasi tumpukan sampah," kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKP Fairus Batubara, Selasa (27/12/2016).

Fairus mengatakan, berharap 79 bin kontainer itu bisa diletakan sebelum menyambut tahun baru. Pasalnya, produksi sampah akan meningkat di penghujung ahir tahun. "Sebelum tahun baru kami akan sebar. Yang paling banyak wilayah Batuaji, karena padat penduduk," tegasnya.

Dalam penempatan bin kontener, kata Fairus, di kawasan yang bisa terjangkau becak motor dan mobil pick-up petugas sampah. Karena fungsi bin kontener memudahkan kendaraan dinas.

"Bin kontainer itu tujuanya memudahkan beca motor dan mobil pick-up dalam mengangkut sampah. Nantinya di TPS baru dingkut menggunakan dam truk," pungkasnya.

Editor: Dardani