Kontrak Habis 2 Januari, Semua Kendaraan dan Satgas Sampah Mulai Efektif Kerja
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 24-12-2016 | 15:43 WIB
truk_sampah.jpg

Kendaraan angkutan sampah Pemerintah Kota Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kontrak kerja Pemerintah Kota Batam dengan pihak ketiga pengangkutan sampah akan habis 31 Desember 2016 mendatang. Nantinya 2017 semua pengangkutan sampah di semua Kecamatang langsung ditangani Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, habis kontrak pihak ketiga menimbulkan tumpukan sampah di pemukiman warga. Menanggapi hal tersebut Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKP, Fairus Batubara mengaku akan mengatisifasi hal tersebut.

"Insha Allah tahun baru nanti sampah tidak menumpuk. Tapi di lain sisi harus dimaklumi, karena satuan kerja (Satgas) yang baru tentu perlu adaptasi dalam mengangkut sampah," ujar Fairus (24/12/2016).

Nantinya untuk wilayah Batam Kota, Batuampar dan Lubuk Baja menurut Fairus sebelum 1 Januari akan didrop kendaraan baru sebanyak 23 unit pick-up. 5 unit untuk Batam Kota, 6 unit Batuampar dan 12 untuk Lubuk Baja.

"Dam truk juga sudah sampai sebanyak 49 unit bersama 23 pick-up. Tapi masih dalam pemeriksaan fisik," tegasnya.

Nantinya armada baru akan beroprasi mengangkut sampah di pemukiman masyarakat sejak 2 Januari. Karena untuk 1 Januari masih hari libur sehingga kinerja belum maksimal.

"Tanggal satu masuk kerja, tapi kami fokuskan di tempat-tempat wisata. Efektifnya nanti pada 2 Januari mulai mengakut sampah dipemukiman warga," katanya.

Editor: Dardani