Perantau Simawang di Batam Diminta Ikut Sukseskan Kebijakan Pemerintah
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 20-11-2016 | 13:08 WIB
simawang.jpg

Ketua Simawang Saiyo Pusat, Muhammad Nur Idris (kiri), melantik ketua terpilih DPC Simawang Saiyo Jorong Nan Lapan Kota Batam, Dedi Fitra (kanan). (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM. Batam - Sebagai sesama perantai dari Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang berada di Batam, diharapkan bisa bersatu dan saling membantu. Bahkan, lebih diharapkan lagi bisa berperan membantu menyukseskan kebijakan pemerintah Kota Batam.

Hal itu disampaikan Ketua Simawang Saiyo Pusat, Muhammad Nur Idris, saat melantik kepengurusan baru DPC Simawang Saiyo Jorong Nan Lapan Kota Batam periode 2016-2019, di aula Restoran Golden Prawn, Bengkong, Sabtu (19/11/2016) malam.

Menurut Idris, organisasi di perantauan harus hidup. Sebab, banyak manfaat yang dapat diambil selain meningkatkan hubungan kekeluargaan sesama perantau dari Simawang.

"Keberadaan organisasi ini, diharapkan bisa memberikan perhatian untuk sesama perantau di Batam. Jika ada yang kesusahan, tentu organisasi bisa mencarikan solusi. Tidak hanya itu, diharapkan Simawang Kota Batam bisa memberikan perhatian baik menggerakkan ekonomi maupun saran untuk pembangunan kampung halaman," ungkap Idris, yang juga anggota DPRD Kota Bukittinggi dari Fraksi PAN ini.

Setelah pengukuhan ini lanjut Idris, pengurus baru sebisa mungkin melakukan konsolidasi dan membuat program kerja baik bidang sosial, budaya maupun ekonomi. "Program itu nantinya bisa digunakan untuk mencari peluang lebih baik lagi untuk masyarakat Simawang," lanjutnya.

Disamping itu, ia juga meminta agar masyarakat Simawang bisa membantu menjalankan kebijakan pemerintah di Kota Batam. "Sesuai dengan pepatah, dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung. Karena itu, masyarakat Simawang harus bisa mengikuti kebijakan pemerintah tempat dimana berada. Bahkan, diharapkan bisa berperan aktif," tambah Idris.

Sementara ketua terpilih, Dedi Fitra, yang menggantikan ketua periode sebelumnya, Zainirmi Manda, mengatakan, akan berupaya menjalankan organisasi semaksimal mungkin. Apa saja program yang belum terlaksana akan diupayakan untuk dilakukan. Ia juga akan membuat program-program baru untuk mensejahterakan warga Simawang di Kota Batam secara khsusu.

"Kita pergi merantau tentunya ingin merubah nasib. Saya tidak akan muluk-muluk, dan akan membuat program yang lebih mengarah pada peningkatan perekonomian. Bisa saja salah satu program yakni membuka usaha kuliner khas Simawang," ujarnya.

"Tentunya, kita bisa menggerakkan ibu-ibu yang kebanyakan hanya dirumah. Dengan begitu, usaha ini nantinya bisa membantu perekomian warga sendiri serta bisa menambah kas untuk organisasi, sehingga kedepannya masyarakat Simawang bisa sejahtera. Ini sebagai contoh program yang akan saya capai dan diharapkan dulungan dari semua masyarakat Simawang Kota Batam," papar Dedi

Saat ini, warga Simawang sendiri terdata berjumlah sekitar 400 kepala keluarga (KK) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Batam. "Mari sama-sama kita bangun rasa kekeluargaan dan saling bahu membahu menuju kehidupan yang lebih baik," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir anggota DPRD Kota Batam, Safari Ramadhan, serta perwakilan dari pemerintah Kota Batam. Selain itu, pengukuhan juga disaksikan seluruh masyarakat Simawang di Kota Batam.

Editor: Surya