Pertamina Beri Bantuan Alat Tangkap Ikan kepada Nelayan Pulau Ngenang Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 09-11-2016 | 16:26 WIB
bospertaminabatam.jpg

Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental Budhi Busama (kiri depan) saat mendampi Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil KKP, Ridho Batubara (kiri ke dua bertopi) menyerahkan bantuan berupa mesin tempel speed boat kepada masyarakat nelayan Pulau Ngenang Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahannya, PT Pertamina Trans Kontinental, kembali menyalurkan bantuan pemberdayaan peningkatan ekonomi pada masyarakat Pulau Ngenang, Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Rabu (9/11/2016).

Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental Budhi Busama mengatakan, bantuan yang diberikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat Ngenang merupakan kegiatan yang ke empat kali melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR).

"Pembinaan dan bantuan bagi masyarakat Pulau Ngenang sudah sejak 2013 kami lakukan sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan. Sejuah ini sudah banyak masyarakat yang tergabung dalam tujuh Kelompok Usaha Bersama yang mampu meningkatkan ekonominya," ujarnya di Pulang Ngenang.

Pada tahun 2016 PT Pertamina Trans Kontinental Budhi Busama bidang pemberdyaan ekonomi nelayan memberikan bantuan berupa bimbingan teknis dan bantuan sarana tangkap ikan berupa mesin perahu tempel, perahu dan jaring.

Pada lingkungan memberikan pelatihan, pembibitan dan penanaman yang dilakukan bersama Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), dan Dinas Kelautan Perikanan Peternakan Kehutanaan Kota Batam.

Untuk pemberdayaan ekonomi perempuan pesisir memberikan pelatihan dan bantuan sarana pengelolaan lingkungan seperti mesin jahit untuk mengubah limbah rumah tangga dari plastik menjadi berbagai macam kerajinan.

"Bidang pemberdayaan ekonomi perempuan ini sudah mampu menciptakan berbagai produk dari limbah plastik dan kertas seperti tas, vas bunga, mangkuk. KUB lain juga sudah mampu membibitkan mangruve dan menjualnya ke sekitar Pulau Ngenang," kata dia.

Sebagai anak perusahaan milik negara, PT Pertamina, PT Pertamina Trans Continental berkomitmen untuk terus memberikan bimbingan sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan dimata seleuruh pemangku kepentingan serta mewujudkan kontribusi perseron bagi masyarakat luas.

Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau kecil KKP, Ridho Batubara mengatakan potensi pada pulau-pulau termasuk di pesisir Batam sangat besar yang dapat dijadikan tempat wisatawan.

"Dari pelabuhan tadi (pelabuhan rakyat Punggur) sampai di Dermaga Pulau Ngenang saya melihat potensi pulau-pulau yang ada disekitar sangat bagus dan bersih. Saya berharap nantinya akan banyak menjadi tempat wisata," kata dia.

Acara penyerahan bantuan oleh PT Pertamina Trans Kontinental selayaknya terlaksana pada pukul 08.00 WIb. Namun karena Kabid KP2K Kota Batam Suhartini bersama rombongan Kecamatan Nongsa dan Kelurahan Pulang Ngenang lambat hadir, pelaksanaan terpaksa dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

Masyarakat dan Direktur Pemasaran PT Pertamina Trans Kontinental Direktur Pendayagunaan Pulau-pulau kecil KKP, Ridho Batubara dan panitia yang telah hadir pada pukul 7.30 WIB harus menunggu pejabat daerah tersebut untuk memulai agenda melalui dana CSR PT Pertamina Trans Kontinental tersebut.

Editor: Dardani