Kapten Kapal Diminta Waspadai Cuaca Buruk
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-11-2016 | 12:45 WIB
Pelabuhan-Sekupang1.jpg

Cuaca Buruk di Perairan Kepri, Kapten Kapal Diminta Waspada. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca buruk yang terjadi belakangan ini, kapten kapal penumpang ferry antar kota maupun antar provinsi diminta untuk lebih waspada demi keselamatan pelayaran dan penumpang.

 

Meskipun tidak ada melakukan penundaan keberangkatan kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS). Kepala Pos Syahbandar PDS Komaruddin menghimbau kepada kapten kapal agar lebih berhati-hati dalam berlayar.

"Kapten harus hati-hati dalam berlayar. Cuaca memang hujan, tapi kita tetap berangkatkan kapal," kata Komaruddin, Senin (7/11/2016)

Karena, cuaca buruk hujan angin dan ombak besar bisa kapal saja terjadi. Sehingga Komaruddin menghimbau agar seluruh kaptan kapal penumpang PDS lebih berhati-hati dan menyikapi dengan baik dalam kodisin cuaca buruk.

"Harus disikapi dengan baik, gelombang kuat harus mengurangi kecepatan kapal. Jangan mengambil kebijakan yang membuat keselamatan penumpang terancam," tegasnya.

Apabila cuaca sangat buruk di perairan, kapten kapal harus mencari pulau atau pelabuhan terdekat untuk bersandar.

"Kapten kapal harus terus berkordinasi dengan syahbandar asal maupun tujuan. Agar langkah-langka yang diambil tidak membahayakan penumpang," pungkasnya.

Editor: Yudha