Ketua MUI Batam Pimpin Aksi Umat Islam ke Mapolda Kepri
Oleh : Saibansah
Jum'at | 04-11-2016 | 16:26 WIB
ketuamuibatamdemo.jpg

Ketua MUI Kota Batam, Kyai Haji Usman saat menyampaikan orasi dan memimpin doa. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 500 orang umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Batam Bersatu menggelar aksi demo di depan Masjid Raya Batam, Jumat (4/11/2016). Aksi itu mereka gelar seusai sholat Jumat berjamaah.

Dalam aksinya itu, mereka menandatangani petisi yang diserahkan kepada Presiden Jokowi dan Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian.

Sebelum bergerak menuju Mapolda Kepri, sejumlah tokoh umat Islam Batam dan Ketua Ormas (Organisasi Massa) Islam Kota Batam itu berorasi secara bergantian.

Baca: Ini Tuntutan Aksi Ormas Islam di Tanjungpinang

Orasi pertama disampaikan oleh Ketua Aliansi Umat Islam Batam Bersatu Ustadz Erwin Abu Ghaza. Dalam orasinya, Ustadz Erwin mengatakan, aksi hari ini adalah protes yang berangkata dari hati nurasi umat Islam.

"Aksi kita ini, tidak ada kaitannya dengan politik dan Pilkada Gubernur DKI Jakarta. Tapi ini murni aksi dari hati kita semua, karena kita suci umat Islam telah dihina oleh Ahok. Allahu Akbar," teriak Ustadz Erwin Abu Ghaza yang disambut takbir oleh umat Islam yang ikut aksi.

Baca: Ini Petisi Aliansi Umat Islam Batam Bersatu untuk Presiden dan Kapolda Kepri

Karena itulah, lanjut Ustadz Erwin Abu Ghaza, pada kesempatan ini, kita menyampaikan petisi kepada Kapolda Kepri, agar polisi menindak tegas secara hukum, siapa pun yang menistakan agama. Tanpa terkecuali.

Setelah itu, orasi disampaikan oleh Tokoh Umat Islam Kota Batam yang juga Penasehat MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Batam, Kyai Haji Didi Suryadi. Dalam orasinya, Kyai Didi mengatakan, dalam aksi ini kita akan dikawal oleh polisi menuju Polda Kepri.

"Maka, kita jangan sampai berbuat anarkis di jalan dan di mana pun. Karena polisi adalah saudara kita," tegasnya.

Dan orasi terakhir yang dilanjutkan dengan doa, disampaikan oleh Ketua MUI Kota Batam, Kyai Haji Usman. Dalam orasinya, Kyai Usman mengatakan, agar perjuangan jihad ini diniatkan untuk membela kita suci Al Quran. Tidak ada niat lain kecuali itu.

"Jangan sampai terprovokasi oleh pihak-pihak manapun," tegasnya.

Selanjutnya, Kyai Usman memimpin doa sebelum massa umat Islam bergerak menuju Markas Polda Kepri.

Editor: Dardani