The 8th ASEAN Chinese Clans Conference di Batam

Misi ACCC Sejalan dengan Misi ASEAN
Oleh : Saibansah
Sabtu | 22-10-2016 | 15:38 WIB
dubesridiaseanrahmat.jpg

Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Rahmat Pramono saat menghadiri The 8th ASEAN Chinese Clans Conference (ACCC) di Swiss-Bell Hotel Harbour Bay Batam. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Misi dari ASEAN Chinese Clans Conference (ACCA) sesungguhya sejalan dengan kerjasama ASEAN. Tentu saja misi ASEAN itu tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Karena upaya ini membutuhkan semua pihak (ASEAN Community).

Demikian ungkap Duta Besar Indonesia untuk ASEAN, Rahmat Pramono pada The 8th ASEAN Chinese Clans Conference (ACCC) di Swiss-Bell Hotel Harbour Bay Batam, Sabtu (22/10/2016).

"Izinkan saya untuk memberikan apresiasi atas terselenggaranya ACCC ini. Saya juga ingin mengucapkan HUT PSMTI ke-18. Saya menyapaikan harapan, penyelenggaraan pertemuan ini bisa kondusif," ujar Rahmat Pramono mengawali sambutannya.

Tak lupa, Duta Besar Indonesia untuk ASEAN itu juga mengimbau kepada peserta untuk meluangkan waktu melihat Batam yang memiliki banyak destinasi pariwisata, shoping mall dan sebagainya.

Dilanjutkan Rahmat Pramono, pada 31 Desember 2015 lalu, ASEAN secara resmi mendeklarisakan diri resmi memasuki era MEA. Dan ASEAN juga sudah menempuh perjalanan yang panjang yang dibentuk dari negara-negara di asia.

"Meskipun pendirian ASEAN dilatarbelakangi ketidakstabilan stabilitas ekonomi, namun gagasan untuk mensejahterakan bersama dan menyayangi sudah ada dalam agenda ASEAN," paparnya.

Perjalanan ASEAN, lanjutnya, untuk menciptakan perdamaian. Terbukti, ASEAN telah berhasil menghindari terjadinya konflik bersenjata sehingga menciptakan keamanan yang stabil.

"ASEAN juga telah secara serius berupaya mensejahterakan rakyat, dengan membantu satu dengan masyarakat lainnya. Saya yakin ACCC adalah merupakan bagian proses komunitas ASEAN itu sendiri," tegasnya.

The 8th ASEAN Chinese Clans Conference yang mengangkat tema “Forward Chinese Clans for Strengthening ASEAN Cooperation” merupakan kegiatan tahunan ASEAN Chinese Clans Association (ACCA) yang bermarkas di Bangkok, Thailand. Tujuannya, memperkokoh sinergi dan peran Marga Tionghoa se-ASEAN guna memajukan kawasan.

Editor: Dardani