Cuaca Buruk Tak Pengaruhi Keberangkatan Penumpang dari Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 07-10-2016 | 13:15 WIB
PDS-Sekupang.gif

Meski rintik hujan masih jatuh dari langit Batam, namun tidak mempengaruhi keberangkatan kapal dari Pelabuhan Domestik Sekupang (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca buruk melanda kota Batam sejak pagi, tidak mempengaruhi keberangkatan kapal penumpang. Kapal penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) tetap melayani trasportasi laut Antar Kota dan Provinsi.

Meski rintik hujan membasahi perairan Batam, kondisi ini tidak membuat kapal ferry ditunda keberangkatanya oleh petugas Syahbandar DS. Kapal tetap berjalan seperti biasanya menyandar dan berangkat mengantar penumpang.

"Hujan, tapi tetap berangkat, karena cuaca memungkinkan untuk kapal berlayar," kata Kepala Pos Syahbandar PDS, Komaruddin Jumat (07/09) pukul 11.00 Wib.

Komaruddin mengaku tidak ada penundaan sama sekali, meskipun hujan turun sejak pagi hingga siang ini. Itu lantaran hujan tidak disertai angin kuat dan cuaca gelam yang sering terjadi.

"Hanya hujan saja, gelombang laut tidak terlalu kuat. Tapi cuaca buruk sewaktu-waktu datang begitu saja," katanya.

Untuk itu, pihaknya tetap berharap kapten kapal yang diizinkan berlayar dari PDS, untuk berkordinasi dengan aparat terkait apabila terjadi gelombang laut yang sangat kuat.

Karena itu keselamatan penumpang sangat diutamakan dalam pelayaran, sehingga kapal harus mengurangi kecepatan dan mencari pelabuhan terdekat apabila terjadi cuaca yang sangat buruk.

"Saya berharap tetap berkordinasi dengan Syahbandar terdekat apabila cuaca buruk melanda. Kita sudah kordinasi Syahbandar Tanjungbatu, Moro dan Tajungbalai Karimun cuaca memungkinkan untuk berlayar. Sehingga tidak ada penundaan," pungkasnya.

Sementara Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur Batam terpaksa menghentikan sementara pelayaran akibat cuaca buruk disertai hujan lebat pada Jumat (7/10/2016) pagi.

"Pelayaran sempat tutup pada pukul 08.45 WIB sampai 09.45 WIB. Tujuh pelayaran sempat ditunda," kata Erwin Sjafrizal, Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Tujuh pelayaran yang ditunda tujuan Tanjungpinang sebanyak empat kapal, tujuan Dabo Lingga satu kapal, dan tujuan Tanjunguban dua kapal.

Baca: Sahbandar Punggur Sempat Hentikan Pelayaran Akibat Cuaca Buruk

Editor: Udin