Anambas Masih Menginduk ke Polres Natuna

Akhir Oktober Ini, Kapolri Resmikan Polda Kepri Jadi Tipe A
Oleh : Hadli
Rabu | 05-10-2016 | 15:50 WIB
tito.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan melakukan kunjungan ke Batam pada akhir Oktober 2016 ini. Mantan Kapolda Metro Jaya itu akan meresmikan Polda Kepri menjadi tipe A.

"Kedatangan Kapolri Insya Allah jadi, untuk tanggalnya belum fix, nanti kalau sudah fix saya kabari lagi," kata Plt Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Erlangga, Rabu (5/10/2016).

Informasinya, Jenderal Tito Karnavian akan berkunjung ke Batam selama dua hari, dari tanggal 24-26 Oktober mendatang. Selain agenda meresmikan tipe A, kunjungan pertama Kapolri ke Kepri ini juga untuk membahas tugas pokok Polri khususnya wilayah hukum Polda Kepri.

Saat ini, Kapolda Kepri masih dijabat jendral bintang satu, Brigjen Pol Sam Budigusdian. Menurut Erlangga, sebelum peresmian Polda Kepri dari tipe B ke tipe A, Kapolda Kepri sudah dilantik dahulu naik bintang dua, Irjen.

"Untuk Polda tipe A, dengan otomatis Kapolda berpangkat Irjen, Waka Polda Berpangkat Brigjen. Seperti Polda sebelumnya (dari tipe B naik tipe A) proses kenaikan pangkat dulu baru proses kenaikan tipe A," kata Erlangga yang masih menjabat sebagai Wadir Sabhara Polda Kepri.

Saat ini Kapolda Kepri tengah mempersiapkan Polres Anambas, agar segera terpisah dari Polres Natuna. Namun keinginan itu tidak dapat terlaksana saat Kapolri meresmikan Polda Kepri menjadi tipe A.

Hal itu dikarenakan masaih banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari pembangunan, peralatan sampai kebutuhan personil.

"Untuk Polres Anambas, tidak bersamaan peresmiannya, masih dipersiapkan untuk operasionalnya," pungkas pria lulusan Akpol 90 ini.

Editor: Dardani