Sukhoi Dipasang Bom Aktif, Hang Nadim Batam Steril
Oleh : Hadli
Rabu | 05-10-2016 | 14:26 WIB
pesawat-sukhoi-di-hang-nadim.gif

Pesawat Sukhoi yang mendarat di Bandara Hang Nadim Batam (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat Batam yang ingin melihat langsung pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU di Bandara Hang Nadim, sudah tidak mendapat kesempatan lagi. Pasalnya, pesawat mode 30MKI Flankers tersebut tengah dipasang bom aktif.

"Hari ini sekitar lokasi pesawat sudah disterilkan. Karena sedang pemasangan amunisi," kata Komandan Skuadron 11 Makassar Letkol Pnb David Ali Hamzah, Rabu (5/9/2016).

Sebelum dilakukan pemasangan amunisi, sejumlah anak-anak TK yang didampingi guru dan wali murid mendapat kesempatan melihat langsung lima pesawat Sukhoi yang disiagakan di Batam.

Lima pesawat tempur itu berada di Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk mengikuti latihan puncak Angkasa Yudha pada 6 Oktober 2016 besok, yang dipusatkan di laut sekitar perairan Ranai, Kabupaten Natuna.

David menjelaskan, sebanyak 72 bom aktif yang dipasang pada lima Sukhoi, masing-masing dilengkapi 18 bom. "Pesawat ini akan menjadi tim penyapu. Radius satu bom yang diledakkan ke atas 80 meter ke samping satu kilometer," kata dia.

Latihan Puncak Angkasa Yudha 2016 di Natuna dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI. Selain lima Sukhoi pada hari Kamis (6/10/2016) juga akan mendarat dua Sukhoi dan 10 pesawat tempur F16.

Editor: Udin