Pulau di Batam yang Padat Penduduk, Sudah Dialiri Air Bersih
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 04-10-2016 | 17:38 WIB
yumasnur_-_kadis_pu_batam_-_batik.jpg

Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menyatakan, sudah membangun dan membantu masyarakat hinterland dalam pengelolaan air bersih.

Terakhir, PU Batam meresmikan waduk menampung air hujan di Pulau Mecan dengan dialirkan ke Pulau Serang menggunakan pipa bawah laut.

"Sudah beberapa pulau yang kita alirkan air bersih di pulau yang jumlah penduduknya cukup banyak," kata Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur, Senin (03/09/2016) pukul 13.45 Wib.

Lebih Yumasnur menjelaskan, ke seluruh pulau yang dialiri air bersih tersebut di antaranya Pulau Bulang Lintang ke Pulan Lebam, yang dialirkan dari Batam melalui pipa bawah laut. Selanjutnya Pulau Sebrang ke Pulau Terong juga sudah rampung beberapa tahun lalu.

"Semua pulau di hinterland yang ada di Batam dengan jumlah penduduk yang banyak, sudah dialirkan air bersih, dengan membangun waduk dan dialirkan ke pulau yang lainnya," tegasnya.

Yumasnur menjelaskan, waduk dibangun di lihat dari lokasi sumber air bersih di pulau tersebut. Apabila tidak ada potensi sumber air bersih, pihaknya tidak akan membangun waduk.

"Kalau tidak ada sumber air bersih di pulau itu, kita alirkan menggunakan pipa bawah laut.  Sudah banyak, terakhir dari Pulau Mecan ke Pulau Serang. Tinggal pulau-pula yang sedikit penduduknya," terangnya.

Sementara untuk air bersih di Pulau Belakangpadang masih dalam pengerjaan. Pengelolaan air bersih di pulau tersebut menggunakan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) atau air laut menjadi air minum.

"Belakangpadang, sekarang masih dalam tahap membangun SWRO. Itu masih terus dibangun, rencana tahun ini rampung," pungkasnya.

Editor: Udin