Ternyata, Ini Penyebab Meledaknya Kapal Patroli Bea Cukai Batam
Oleh : Romi Candra
Senin | 03-10-2016 | 17:02 WIB
evakuasi-korban-kapal-bc2.jpg

Evakuasi korban kapal patroli BC yang meledak ke rumah Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran yang mengakibatkan meledaknya kapal patroli Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam, BC 15025, Rabu (28/9/2016) malam, sekitar pukul 21.00 WIB lalu, ternyata diakibatkan korsleting listrik yang berada di dekat tangkinya.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil olah TKP secara tertulis dari Labfor Medan.

Namun, secara lisan ia sudah mendapat keterangan ledakan tersebut akibat arus pendek atau korsleting. "Penyebabnya bukan karena puntung rokok, tapi memang karena korsleting di dekat tangki minyak pada kapal itu," ungkap Memo, Senin (3/10/2016).

Baca: Kapal Patroli BC Batam Meledak di Perairan Nongsa

Dilanjutkan, untuk kejadian tersebut, juga tidak ada unsur kesengajaan maupunlelalaiN dari petugas, namun murni kecelakaan.

"Ini kecelakaan yang bisa kapan saja terjadi. Yang jelas kita masih menunggu keterangan resmi dari Labfor," pungkasnya.

Berita sebelumnya, Satu unit kapal pateoli Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam dikabarkan meledak. Belum diketahui penyebabnya, namun kecelakaan tersebut mengakibat 4 orang personil luka-luka, Rabu (28/9/2016) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Informasi yang didapat, kejadian tersebut di perairan dekat kawasan Batam View, Nongsa, saat melakukan patroli rutin. Saat ini, tiga korban sudah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Budi Kemuliaan. Sementara satu prang lagi baru ditemukan dan dalam kondisi masih hidup.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian, di rumah sakit mengatakan, pihaknya mendapat informasi dan langsung melakukan koordinasi dengan instasi terkait dalam hal ini BC Batam.

Editor: Dardani