Sukhoi TNI AU Mengudara di Batam, Singapura sempat Bimbang
Oleh : Hadli
Sabtu | 01-10-2016 | 14:38 WIB
sukhoi-di-batam1.jpg

5 pesawat Sukhoi diparkirkan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - TNI AU yang sudah mulai menerbangkan lima pesawat tempur Sukhoi di Batam, sedikit membuat negara tetangga seperti Singapura bimbang.

"Sempat (pihak Singapura) nanya-nanya kehadiran kita. Tapi tidak ada masalah, karena sebelumnya sudah diberitahukan melalui hubungan Diplomatik," kata Komandan Pangkalan Udara Tanjungpinang, Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, di Batam, kemarin Jumat di gedung VVIP Hang Nadim Batam.

Dia mengatakan, lima pesawat Sukhoi disiagakan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk latihan puncak Angkasa Yudha 2016 berpusat di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau sampai 6 Oktober 2016.

"Lima Sukhoi dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Selain itu ada juga helikpter dan hercules," terangnya.

Dia mengatakan, pesawat tempur tersebut sudah mulai mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sejak Kamis (29/9/2016) pagi. Dan saat ini seluruh pesawat buatan Rusia itu telah dipasangi bom.

"Bandara sudah disterilkan, pada Minggu (2/10/2016) esok akan mulai terbang untuk acara puncak Angkasa Yudha. Pesawat ini berperan melakukan pengeboman.

Dua pesawat Sukhoi dan 10 pesawat tempur F16 pada 6 Oktober nanti juga akan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebagai salah satu pangkalan latihan.

Komandan Skadron 11 Makassar, Letkol Pnb David Ali Hamzah mengatakan, sejak berada di Batam selalu siaga 24 jam untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan pelanggaran udara.

"Kami selalu siap untuk terbang jika diperintahkan. Sudah menjadi tugas kami selalu siap melakukan pengaman udara," kata dia.

Editor: Udin