Lagi, Dua Wartawan BATAMTODAY.COM Lulus Uji Kompetensi
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 01-10-2016 | 08:00 WIB
lulusukw.jpg

Romi Candra (kanan) dan Irwan Hirzal (keempat dari kanan) bersama para penguji UKW. (Foto: Ist)

TAK bisa ditawar lagi, kompetensi menjadi keharusan semua profesi. Mulai dari profesi dokter sampai tukang sapu. Semuanya ada standar kompetensinya. Apalagi, profesi wartawan yang sejatinya menjalankan amanah dari rakyat. Itulah makanya BATAMTODAY.COM begitu concern mengarahkan wartawannya untuk menjalani uji kompetensi itu. Berikut sosok dua orang wartawan BATAMTODAY.COM yang baru lulus UKW itu.

Mementum Safari Jurnalistik yang disponsori oleh Astra International bekerjasama dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat di Batam, Jumat-Sabtu, 23-24 September 2016, dimanfaatkan oleh pengurus PWI Kepri untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan muda. Karena pemateri dalam kegiatan Safari Jurnalistik tersebut adalah penguji UKW dari PWI Pusat. Yaitu, Marah Sakti Siregar dan Widodo Asmowiyoto.

Dengan kedua penguji tersebut, ditambah lagi dengan satu-satunya penguji UKW dari PWI Kepri, Ramon Damora, maka ada 19 orang wartawan muda yang berkesempatan mengikuti uji kompetensi itu. BATAMTODAY.COM mengirim Romi Candra dan Irwan Hirzal untuk menjalan ujian kompetensi tersebut.

Selama ini, Romi Candra adalah wartawan muda yang sehari-hari ditugaskan untuk meliput di Polresta Barelang, Polsek Batu Ampar, Polsek Bengkong, Polsek Batam Kota dan Kantor Bea Cukai.

Sedangkan Irwan Hirzal adalah wartawan muda yang sehari-hari ditugaskan meliput di Polair Polda Kepri Sekupang, Polsek Sekupang dan kantor-kantor dinas Kota Batam di Sekupang Batam.

Baca: Kapolda Kepri Dukung Kegiatan Safari Jurnalistik dan UKW

Keduanya juga sudah memenuhi syarat lama bekerja sebagai wartawan untuk mengikuti UKW. Irwan dan Romi sudah lebih dari 3 tahun melipuat di lapangan. Mulai dari liputan berita pembunuhan siswa SMA di Batam sampai dengan kasus penangkapan kapal-kapal penyelundup.

Dengan pengalaman meliput di lapangan, maka saat diuji, keduanya pun dengan mudah menghubungi nara sumber di depan penguji. Karena salah satu mata uji UKW itu adalah jejaring. Yaitu, wartawan diminta menghubungi nara sumber yang biasa dikonfirmasinya.

"Saya menghubungi Kepala Kantor BC dan Komandan Kodim," ujar Romi Candra.

Sementara itu, bagi Irwan Hirzal meliput bersama anggota polisi yang bertugas menjaga perairan adalah pekerjaan sehari-hari. Begitu juga dengan kegiatan arus mudik penumpang kapal Pelni Batam. Semua itu menjadi kegiatan liputannya sehari-hari.

Dan, setelah menjalani ujian selama dua hari, akhirnya penguji dari PWI Pusat memutuskan, kedua wartawan BATAMTODAY.COM itu telah kompeten tingkat muda. Ya, kini Irwan dan Romi telah menjadi wartawan yang mengantongi sertifikat UKW dan namanya tercatat di Dewan Pers Republik Indonesia sebagai wartawan kompeten.

Selamat, Senior!

Editor: Dardani