Gelar Latihan, TNI AU Daratkan Sukhoi dan F16 di Bandara Internasional Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Jum'at | 30-09-2016 | 14:38 WIB
pesawat-sukhoi-di-bandara-hang-nadim.gif

TNI AU daratkan pesawat tempur jenis Sukhoi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sejak beberapa hari terakhir (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - TNI Angkatan Udara (AU) mendaratkan pesawat tempur jenis Sukhoi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sejak beberapa hari terakhir.

Danlanud Tanjungpinang, Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan latihan bertajuk "Angkasa Yudha".

"Gladinya akan digelar mulai Senin (3/10/2016) depan. Puncak latihan ini pada Kamisnya (6/10/2016) di Ranai, Natuna," ujarnya, Jumat (30/9/2016).

Ia mengatakan, latihan ini untuk meningkatkan kesiagaan pertahanan melalui udara sekaligus pengawasan wilayah perbatasan. Selain Sukhoi pesawat F16 beserta  pesawat angkut jenis Hercules, Helikopter juga diterjunkan.

Terpisah, General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan pesawat-pesawat tersebut akan ditempatkan di dekat gedung VIP.

"Pesawat Sukhoi sudah datang sejak Kamis (29/9) lalu. Nantinya pada Kamis (6/10/2016) depan, datang lagi pesawat tempur buatan Amerika F16. Latihan ini seperti tahun yang sebelumnya," ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, pesawat tempur jenis Sukhoi melakukan penerbangan di sekitar udara wilayah Kepri. Terlihat dua jenis Hercules terbang bersamaan memantau wilayah Batam.

Editor: Udin