Naik Dok Sebelum Natal, KM Umsini Gantikan KM Kelud
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 28-09-2016 | 12:15 WIB
dahlan-pelni1.jpg

Manajer Operasional PT Pelni Batam Dahlan Mustofa. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam akan memperbaiki KM Kelud atau naik dok tahunan. Kapal yang biasa melayani rute Batam - Belawan - Jakarta akan melakukan perbaikan sebelum Natal mendatang.

Manajer Operasional PT Pelni Batam Dahlan Mustofa, kepada BATAMTODAY.COM, mengatakan, perbaikan KM Kelud merupakan agenda tahunan.

"KM Kelud akan naik dok. Rencana 20 Oktober mendatang atau sebelum hari Natal," kata Dahlan yang ditemui di kantornya, Sekupang, Rabu (28/09/2016).

Perbaikan tahunan KM Kelud, kata Dahlan, akan memakan waktu kurang lebih 21 hari atau paling lama 1 bulan. Diharapkan KM Kelud kembali berlayar pertengahan November.

Untuk mengisi kekosongan selama KM Kelud naik dok, PT Pelni sudah merekomendasikan kapal peganti untuk mengisi rute Batam-Belawan-Jakarta, menggunakan KM Umsini.

"Tahun sebelumnya tidak ada kapal peganti, tapi sekarang ada KM Umsini yang akan mengisi kekosongan, selama KM Kelud naik dok," tegasnya.

Artinya, tidak ada kekosongan pelayaran di Pelni Batam meskipun KM Kelud naik dok. Perbaikan KM Kelud kali ini terlebih pada sarana keselamatan penumpang dalam berlayar.

"Naik doknya KM Kelud tidak luput pentingnya keselamatan penumpang dalam berlayar. Karena itu paling diutamakan," pungkasnya.

Editor: Yudha