Sidak Samsat Batam, Nurdin Minta Petugas Beri Pelayanan dengan Baik
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 22-09-2016 | 18:20 WIB
Nurdin-Nangkring-bersama-wajib-pajak-di-Samsat-Batam.gif

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, duduk diantara pembayar pajak guna melihat proses pembayaran pajak berjalan dan berlangsung di Gedung Samsat Batam (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, meminta petugas pelayanan pajak di Samsat, memberikan pelayanan terbaik kepada para pembayar pajak. Selain memberikan pelayanan terbaik dengan keramahan, Nurdin Basirun juga mengharapkan kantor Samsat menyediakan fasilitas yang baik terhadap masyarakat pengunjung yang hendak membayar pajak.

"Masyarakat yang sadar pajak dan ingin menunaikan kewajibannya membayar pajak Kendaraanya, harus dilayani dengan baik dan cepat, serta disediakan fasilitas yang bagus," ujar Nurdin Basirun saat melakukan inspeksi mendadak ke kantor pelayanan Pajak Samsat Batam, di Graha Kepri Batam Center, Kamis (22/9/2016).

Selain memperhatikan secara langsung pemberian pelayanan, Nurdin juga menekankan krpada Petugas Pajak Samsat Batam, agar tidak mempersulit Warga dalam menyelesiakan pembayaran tunggakan pajak kendaraan roda dua dan roda empatnya.

"Berikan pelayanan dengan baik dan benar, karena mereka punya kesadaran dan pajak merupakan tulang punggung PAD Daerah dalam pembangunan," sebutnya.

Sebelum melakukan sidak, Nurdin Basirun ‎dalam kesempatan itu juga sempat memimpin Apel upacara pegawai Samsat. Serta memperhatikan sejumlah fasilitas pendukung di Samsat Batam yang menurutnya masih kurang bersih dan memadai.

"Saya minta toilet yang ada ini makin ditingkatkan kebersihannya. Jangan terlihat seperti ini. Ini kurang bersih," tegas Nurdin.

Usai dari lantai satu, Nurdin terus naik ke lantai dua Samsat. Kembali Nurdin duduk diantara pembayar pajak, guna melihat proses pembayaran pajak berjalan dan berlangsung.

Sambil menyalami para wajib pajak, Nurdin terus memperhatikan secara seksama sekaligus memastikan pelayanan berjalan sebagaimana mestinya.
 
Peninjaun juga terus berlanjut ke lantai tiga. Di lantai tiga tempat bagian penerimaan pajak, Nurdin meminta secara khusus akan penerimaan daerah yang dinilainya makin turun.

"Kenapa penerimaan pajak kita turun," tanya Nurdin pada salah satu Kasubag. "Saya minta anda yang mengurusi bagian ini agar benar-benar bisa membuat seluruh penerimaan pajak diterima keseluruhannya. Jangan ada mereka yang belum membayar kewajibannya, tidak ditindaklanjuti," tegasnya lagi.

Sebelumnya, saat memimpin apel, Gubernur mengingatkan agar para pegawai untuk disiplin dalam bekerja. "Jangan jam masuk dan pulang sesuka sendiri aja," harapnya.

Karena ini bagian Samsat  yang memberikan layanan kepada masyarakat, kata Nurdin, tolong sekali beri pelayanan dengan sepenuh hati.

Editor: Udin