Uji Coba Perubahan Sistem Distribusi

Siapkan Ember, Nanti Malam Ada Pemadaman Air ATB!
Oleh : Roni Yudha Ginting
Selasa | 20-09-2016 | 14:14 WIB
tampung-air.gif

Ilustrasi menampung air di ember (Sumer foto: solopos.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) akan melakukan uji coba perubahan sistem distribusi pada Selasa (20/9/2016) malam untuk melihat sejauh mana keberhasilan sistem yang sudah disiapkan ATB untuk meningkatkan kontinuitas pelayanan suplai air kepada pelanggan.

Perubahan sistem distribusi mulai dijajaki ATB setelah sukses meningkatkan kapasitas produksi IPA Mukakuning dari 310 liter/detik menjadi 600 liter/detik. Melalui perubahan sistem tersebut, air bersih yang dialirkan dari IPA Duriangkang ke Tanki Ozon akan meningkat. Bila saat ini hanya 260 liter/detik, ke depan akan bertambah menjadi 800 liter/detik.

"Bertambahnya jumlah air bersih tersebut diharapkan akan meningkatkan kontinuitas pelayanan di wilayah yang mendapatkan suplai air dari Tanki Ozon, seperti Tanjung Sengkuang, Batu Ampar, Nagoya, Seraya, Sei Panas dan Bengkong. Pelayanan ATB di wilayah tersebut diharapkan lebih handal," ungkap Corporate Communication Manager ATB Enriqo Moreno.

Ia melanjutkan, kontinuitas pelayanan bagi pelanggan ATB yang mendapatkan suplai air dari IPA Mukakuning juga diharapkan akan semakin baik. Hal tersebut dikarenakan, bila sebelumnya sebagian besar suplai air untuk Tanki Batu Aji dialirkan dari IPA Duriangkang, ke depan hampir seluruh suplai air bersih ke Tanki Batu Aji dipasok dari IPA Mukakuning.

"Saat ini kami masih melakukan tahapan uji coba. Kami memastikan mana sistem yang sudah berjalan dengan sempurna, mana yang harus lebih disempurnakan. Masih ada beberapa rangkaian pekerjaan lagi yang harus kami lakukan agar perubahan sistem distribusi ini dapat lebih terasa manfaatnya oleh pelanggan," ujar Enriqo.

Ia juga menegaskan, ujicoba perubahan sistem distribusi tersebut akan berdampak gangguan suplai air sementara kepada pelanggan, khususnya yang tinggal di wilayah Tanjung Piayu, Sei Beduk, Mukakuning, Sagulung, Batu Aji, Marina, Tanjung Uncang, Panbil, Kabil, sebagian Punggur, Batamcentre, Sukajadi, Pelita, Seraya, Nagoya, Jodoh, Sei Panas, Bengkong, Batu Ampar, Batu Merah, Tanjung Sengkuang dan sekitarnya.

"Agar uji coba dapat berjalan lebih maksimal, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kami menonaktifkan IPA Mukakuning dan Duriangkang sementara waktu. Uji coba tersebut akan berlangsung dari pukul 21:00 sampai dengan 04:00 WIB. IPA Mukakuning dan Duriangkang akan berhenti beroperasi sekitar dua jam, yakni dari pukul 21:00 WIB hingga 22:00 WIB dan pukul 03:00 hingga 04:00 WIB," ujarnya.

Namun ia menegaskan, dampak dari pekerjaan tersebut akan berbeda untuk setiap wilayah. Untuk daerah tinggi dan cukup jauh dari IPA, akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk normalisasi. Sementara untuk wilayah yang lebih rendah dan dekat dari IPA, waktu normalisasi akan lebih singkat.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Uji coba ini harus dilakukan untuk meningkatkan kontinyuitas pelayanan kepada pelanggan. Sebelum uji coba ini kami lakukan, kami berharap pelanggan menampung air seperlunya. Bagi pelanggan yang kesulitan air bersih akibat uji coba perubahan sistem distribusi ini dapat menelepon Call Centre ATB di nomor 467111 untuk informasi bantuan suplai air bersih gratis," pungkasnya.

Editor: Udin