Cegah Penyebaran Virus Zika, KBRI di Singapura Beri Travel Advisory
Oleh : Roni Yudha Ginting
Kamis | 01-09-2016 | 18:38 WIB
Dubes-RI-untuk-Singapura.gif

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya (Sumber foto: suaranasional.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya mengatakan, telah memberikan travel advisory (pesan waspada) kepada warga negara Indonesia (WNI) di Singapura terhadap wabah virus Zika.

"Sampai saat ini, belum ada WNI yang terjangkit virus Zika. Tapi KBRI terus memberikan pemahaman kepada WNI di Singapura terkait kondisi terkini dan pemahaman masalah penyebaran virus Zika," kata Gede usai soft opening i23j yang digelar BP Batam di gedung Sumatera Promotion Center, Batam Center, Kota Batam, Kamis (1/9/2016).

Adapun advisory yang disampaikan kepada masyarakat, yakni jika ada demam, langsung ke dokter, dan sebagainya. KBRI juga berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, terkait dengan pelayanan kesehatan di pelabuhan. Jika ada WNI yang dirasa demam tinggi, diimbau agar memeriksakan keadaannya ke pelayanan kesehatan di sekitar Pelabuhan.

"Sejauh ini, kalau dari WNI, masih ditelusuri apakah ada yang terjangkit atau tidak," terang Gede.

Ia juga menyatakan, jumlah WNI yang terdaftar di KBRI Singapura, mencapai 240 ribu jiwa. Setiap tahunnya, kunjungan WNI ke Singapura juga mencapai 3 juta jiwa. Mengenai dampak dari adanya Zika, KBRI belum mengetahui apakah kunjungan turun atau masih stabil.

"Dampaknya belum kelihatan. Informasi di Singapura,  sudah 114 warga terjangkit sampai hari ini. Kalau WNI, masih ditelusuri," katanya.

Editor: Udin