Wawako Perintahkan Dishub Siapkan Petugas di Pelabuhan Pancung
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 26-08-2016 | 15:51 WIB
sopirpancung.jpg

Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan untuk menempatkan pegawai di setiap Pelabuhan Pancung (kapal kayu). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk menyikapi hal yang tidak diinginkan saat alat trasportasi laut pancung berlayar di Kota Batam, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan untuk menempatkan pegawai di setiap Pelabuhan Pancung (kapal kayu).

"Agar tidak terjadi seperti di Tanjungpinang. Dishub harus menempatkan orang di Pelabuhan pancung, supaya life jackets dan pelampung benar-benar diterapkan. Menelimalisir kecelakaan di laut," ujar Amsakar Ahmad, Kamis (25/08/2015).

Amsakar menjelaskan, pemerintah harus memperhatikan khusus persatuan pengemudi motor sangkut. Karena folume jumlah penumpang keberangkatan dari Batam- Belakangpadang-Bulang Lintang sangat tinggi.

Sehingga penempatan petugas khusus yang kerja sama dengan syahbandar. "Mengantisifasi lah agar tidak terjadi kecelakaan. Karena halk kecil itu akan menjadi besar," tuturnya.

Ia berharap penyerahkan life jackets dan pelampung dapat dilakukan langkah-langka nyata baik dari pelaku bot pancung, maupun tekong hingga penumpang.

Amsakar berharap penerapan itu bisa berjalan hari ini. Apabila masih ada pancung yang berlayar tanpa standar oprasional seperti life jackets dan pelampung, petugas bisa menindak tegas.

"Mulai saat ini harus ditegankan. Kalau tidak ada life jackets tidak boleh lagi berlayar, demi keselamatan bersama," pungkasnya.

Editor: Dardani