Pasca-Rusuh, Baloi Kolam Pagi Ini Aman
Oleh : Romi Candra
Kamis | 25-08-2016 | 09:02 WIB
wargabaloikolam.jpg

Kerumunan warga Baloi Kolam Batam seusai didatangi Tim Termadu, kemarin. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah kemarin rusuh dan nyaris terjadi bentrok antara warga Baloi Kolam Batam dengan Tim Terpadu yang membagikan Surat Peringatan I agar membongkar atau mengosongkan lahan di Baloi Kolam. Pagi ini, situasi di Baloi Kolam Batam terpantau aman. Tidak ada kerumunan warga.

Memang, kemarin bersama Tim Terpadu ikut anggota Kodim 0316/Batam. Namun tidak benar ada aksi penodongan terhadap warga Baloi Kolam.

Pasintel Kodim 0316/Batam, Kapten HT Saragih, mengkonfirmasi, anggota Kodim ikut turun ke lapangan karena diminta untuk membantu pemerintah sebagai Tim Terpadu. Namun pihaknya justru dituding telah menodong warga dengan senjata.

"Bagaimana kami mau menodong warga? Bawa senjata saja tidak. Kalau memang iya, mana buktinya? Jangan sampai ada yang memprovokasi hal seperti itu. Saya juga turun ke lapangan dan tidak ada yang menodongkan senjata," bantahnya.

Baca: Ditodong Senjata, Warga Baloi Kolam Mengamuk

Namun ia mengakui, adanya anggotanya yang meminta perlindungan dan lari ke Polsek Lubukbaja. "Sah-sah saja anggota saya menyelamatkan diri, karena warga sudah bertindak anarkis. Kedatangan kami selaku tim terpadu hanya memberikan Surat Peringatan dan sah secara hukum," lanjutnya.

Editor: Dardani