Ke Depan, Pengalokasian Lahan di Batam Diumumkan Secara Transparan
Oleh : Roni Yudha Ginting
Selasa | 23-08-2016 | 11:38 WIB
20160823_115207.jpg

Kepala Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam Imam Bachroni dan Mulia Rindo Purba dalam diskusi "Masih Perlukah UWTO di Batam" yang digelar Bank Mandiri di Hotel Venesia Batam Center, Senin (22/8/2016). (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengembang di Batam mengeluhkan kalau selama ini kesulitan mendapatkan lahan untuk membangun perumahan sehingga terpaksa menggunakan jasa pihak ketiga dengan biaya (cost) yang lebih mahal.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Pengelolaan Lahan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Ir Imam Bachroni, mengatakan soal kepastian lahan saat ini sedang dilakukan pembenahan.

"Kepastian lahan sedang dibenahi sekarang," kata Imam Bachroni kemarin.

Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat, lahan-lahan yang akan dialokasikan akan diumumkan secara terbuka, sehingga semua pihak bisa memanfaatkannya. "Sedang dibangun sistemnya. Secepatnya sudah bisa terealisasi," katanya.

Namun, nantinya seluruh pihak yang akan mengajukan pengelolaan lahan dimaksud akan diverifikasi dan dikaji peruntukannya.

"Tergantung manfaatnya baik dari segi ekonomi dan sosial. Dilakukan kajian yang benar-benar ada manfaatnya," ungkap Imam Bachroni.

"Tanah itu untuk kepentingan bersama. Untuk mengatasi keterbatasan lahan, satu-satunya cara harus dibangun secara vertikal. Mau tidak mau," pungkas Imam.

Editor: Udin