Bermuatan 900 Kiloliter Solar

Pencarian MT Vier Harmoni Difokuskan di OPL Timur Kepri
Oleh : Hadli
Kamis | 18-08-2016 | 15:04 WIB
tanker-vier-harmoni1.jpg

MT Vier Harmoni.

BATAMTODAY.COM, Batam - Polair Mabes Polri sudah turun langsung ke perairan Kepri melakukan pencarian kapal tanker MT Vier Harmoni, yang dilaporkan hilang dari Pelabuhan Kuantan, Malaysia, sejak Rabu (17/08/2016) lalu.

"Polair Polda Kepri tengah melakukan pencarian melalui laut dan udara. Polair Mabes juga turun serta melakukan pencarian," kata Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono, kepada BATAMTODAY.COM di Mapolda Kepri, Kamis (18/8/2016).

Sebelumnya, Tim Western Fleet Quick Respons (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang, Rabu (17/8/2016) siang, menerima laporan dari petugas The Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), bahwa kapal tanker Vier Harmoni dilaporkan telah hilang.

Kadispenal Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Josdy P, mengatakan, indikasi tidak terjadi pembajakan karena tidak adanya kekerasan. Dari koordinasi antara Tim WFQR dengan MMEA, katanya, juga menyatakan kapten kapal sempat dua kali menghubungi agennya, bahwa kapal akan dibawa kembali ke Batam.

Kapal dibawa karena "ada masalah internal perusahaan". Panggilan terakhir kapten kapal sekitar pukul 12 local time atau siang tadi, kapten Kapal kembali mehubungi agennya akan masuk Batam. Namun tidak memberikan posisi atau keberadaan MT Vier Harmoni.

"Kapolda juga sudah menegaskan, Kapal Vier Harmoni tidak dibajak. Tetapi dibawa ABK dari Malaysia. Sampai saat ini masih dilakukan upaya pencarian dengan berkoordinasi bersama TNI AL dan instansi terkait," ujar Hartono.

Kapal Tanker Vier Harmoni merupakan kapal berbendera Indonesia milik PT Vierlines. Saat dibawa kabur Kapten beserta ABK, kapal bermuatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebanyak 900 KL. "Pencarian difokuskan Polair Mabes di OPL bagian timur Kepri," kata Hartono kembali.

Editor: Dardani