13 Calon TKI Ilegal Diamankan

Spedboat Penyelundup TKI Kehabisan BBM, Tekong dan Dua ABK Dibekuk di Pantai Lagoi
Oleh : Harjo
Sabtu | 13-08-2016 | 15:35 WIB
speedboat-tki1.jpg

Speedboat yang digunakan oleh tekong dan ABK untuk menyelundupkan belasan TKI illegal sari Batam ke Malaysia

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Belasan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan diselundupkan dari Batam ke Malaysia, berhasil diamankan oleh aparat keamanan di Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL), Kabupaten Bintan.

Tertangkapnya tekong dan ABK yang akan menyelundupkan belasan calon TKI ke Malaysia, setelah speedboat yang mereka tumpangi kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di Pantai Lagoi, menguak aksi penyelundupan TKI tersebut.

Awalnya, aparat penegak hukum yang ada di sekitar KPL Bintan membekuk tiga orang yang kemudian diketahui merupakan tekong dan ABK speedboat yang hendak menyelundupkan TKI dari Sekupang menuju Malaysia. Ketiganya adalah Laode Tamran alias Bujang (tekong), Sali dan Rasyid (ABK).

"Dari hasil pemeriksaan, diketahui mereja adalah tekong dan ABK speedboat yang hendak menyelundupkan TKI dari Sekupang menuju Malaysia," ungkap sumber BATAMTODAY.COM, Jumat (12/8/2016).

"Selanjutnya, aparat setempat berangkat ke lokasi untuk mengamankan TKI yang ditinggal begitu saja oleh ketiga pelaku di Pulau Rawa, Kabupaten Bintan," tambah sumber.

Diketahui, sebanyak 13 TKI terdiri dari 12 dewasa dan 1 bayi, berhasil diamankan petugas. Ke-13 TKI adalah Safrizal, Lili Susanti, Muhammad, A. Halik, Sukardi Barus, Muhamad Taufik, Veronica Molo, Jonah Rizaul, Soleh, Popon, Wati Suryanah, Stanis Laus Arkian, dan Muhamad Ali Iman (bayi).

Kasat Reskrim Polres Bintan, Ajun Komisaris Polisi Arya Tesa Brahmana, membenarkan adanya penangkapan terhadap belasan calon TKI yang akan diselundupkan ke Malaysia tersebut.

"Saat ini masih dilakukan pemeriksaan terhadap pihak yang terkait dengan upaya penyelundupan TKI secara illegal tersebut," ujar Kasat Reskrim Polres Bintan, Ajun Komisaris Polisi Arya Tesa Brahmana, Sabtu (13/8/2016).

Editor: Dardani