DKP Batam Siap Kelola Sampah di Seluruh Kecamatan
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 29-07-2016 | 14:47 WIB
suleman-nababan.jpg

Kepala DKP Batam, Suleman Nababan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menyatakan kesiapan mereka mengelola sampah di 9 kecamatan Kota Batam mulai 2017. Saat ini proses pengadaan armada kebersihan untuk tiga kecamatan Bengkong, Batuampar dan Lubukbaja sudah masuk proses e-katalog.

 

"Mudah-mudahan seluruh kecamatan kita kelola tahun depan. Karena pengadaan armada sudah masuk proses e-katalog," ujar Kepala DKP Batam, Suleman Nababan, Jumat (29/7/2016).

Ia menjelaskan armada yang sudah proses yaitu, 49 dam truk dan 70 bin kontainer. Sementara 20 unit mobil pick-up akan diajukan dalam APBD perubahan. Direncanakan seluruh kendaraan akan tiba di Batam pada Oktober mendatang.

"Jadi seluruh armada itu tidak sepenuhnya untuk tiga kecamatan, tapi dibagi. Karena kecamatan Sagulung saat ini masih minim armadanya dengan begitu banyaknya penduduk," ujarnya.

Bahkan armada yang akan tiba Oktober mendatang bisa menjadi mobil cadangan saat yang lainnya masuk dalam pemeliharaan rutin.

"Ganti oli atau perbaikan itu pasti masuk bengkel, sehingga tidak mengangkut sampah. Diharapkan adanya mobil baru pengangkutan sampah tidak terkendala," tuturnya.

Di samping pemerintah menyiapkan dan membenahi sarana dan pra sarana, Suleman berharap tidak ada lagi pembuang sampah sembarangan yang ditangkap tim yustisi. Selain itu, seluruh pemukiman diharapkan menyiapkan tong sampah masing-masing.

"Masyarakat juga harus berkerjasama menjaga lingkungan masing-masing. Sebagai dasar harus menyiapkan tong sampah di setiap rumah," pungkasnya.

Editor: Dodo