Batal Usir TNI, Warga Baloi Kolam Kembali ke Rumah Masing-masing
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 19-07-2016 | 16:46 WIB
demo-baloi-kolam-bp.jpg

Warga Baloi Kolam saat berdemonstrasi di depan Kantor BP Batam. (Foto: Roni)

BATAMTODAY.COM, Batam - Usai melakukan aksi demo dan belum mendapat jawaban dari DPD Kota Batam, ribuan masa langsung bergerak ke Baloi Kolam dengan niat membubarkan TNI yang berada di lokasi. Namun aksi tersebut batal dilakukan untuk menghindari bentrok antara warga dengan petugas.

 

Dalam orasinya, koordinator massa berhasil menenangkan emosi warga yang kecewa karena belum mendapat kejelasan terkait apa yang mereka inginkan.

Pantauan di lokasi, massa yang sudah memasuki kawasan tempat alat berat berada, kembali membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol S Dalimunthe, mengatakan, sejauh ini pihaknya berhasil mengamankan situasi agar aksi tidak anarkis.

"Mereka memang berniat ingin mengusir sendiri TNI yang ada di sana. Namun kita kembali memberikan pemahaman bahwa mada mekanismenya dalam permasalahan ini. DPRD juga akan memanggil semua pihak yang berkaitan degan masalah ini untuk membahas keterlibatan TNI, dan masyarakat memahami, sehingga membubarkan diri dengan tertib," ujar Dalimunthe, Selasa (19/7/2016) sore.

Warga Baloi Kolam tersebut, tampak membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB. Namun aparat kepolisian masih berjaga untuk menghindari jal yang tidak diiginkan.

Berita sebelumnya, demo ribuan warga Baloi Kolam di Kantor DPRD Batam berakhir. Mereka membubarkan diri tanpa ada kepastian, kapan persoalan di Baloi Kolam selesai, Selasa (19/7/2016) sore.

Tuntutan warga agar DPRD Batam mengeluarkan rekomendasi menolak keberadaan TNI di lokasi Baloi Kolam, tak bisa dipenuhi para wakil rakyat itu. Warga hanya diminta bersabar sampai persoalan tersebut dibahas dalam rapat unsur Muspida Kota Batam.

Editor: Dodo