Tiga Foto Juarai Lomba Foto Polisi Juga Manusia
Oleh : Romi Candra
Senin | 18-07-2016 | 09:27 WIB
polisibaik.jpg

Polisi juga manusia, biasa capek kapan saja. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah melalui penjurian yang cukup alot, akhirnya tiga dari 119 foto yang dikirimkan para peserta lomba foto "Polisi Juga Manusia" terpilih menjadi pemenang. Namun untuk para pemenang akan diumumkan pada Sabtu (30/7/2016) mendatang.

 

Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kepri, Tommy Purniawan, mengatakan, pengiriman foto sudah berakhir pada Jumat (15/7/2016) lalu. Dan, pada Sabtu (16/7/2016), dilakukan penjurian di ruang Kapolresta Barelang.

"Tiga juri cukup alot dan sulit memilih foto terbaik. Hal itu dikarenakan tiga foto terbaik ini memiliki kekuatan yang tidak jauh berbeda dan sesuai dengan temanya. Ada 38 peserta yang mengirimkan hasil karyanya dan terkumpul sebanyak 119 foto," ujar Tommy, Senin (18/7/2016).

Ditambahkan, untuk juri, yakni Kapolresta Barelang sendiri, Komisaris Besar Helmy Santika, bersama Imanuel Sebayang, fotografer senior serta redaktur media Batam Pos, serta Ardiles Rante Freelance Foto Jurnalis asal Jakarta yang sudah beberapa kali menang juara foto jurnalis internasional.

Dijelaskan, foto yang terpilih, adalah foto yang diambil peserta saat seorang anggota polisi yang sedang membantu saat arus mudik, mengatur lalu lintas dan yang terkahir, salah satu polisi sedang mengantarkan anaknya sekolah.

"Untuk nama pemenang akan kami umumkan nanti pada tanggal 30 Juli, saat penutupan pameran yang dilaksanakan di Mega Mall. Sesuai dengan penumuman yang kami berikan, juara I mendapatkan uang Rp 10 juta, Rp 7 juta untuk juara II serta Rp 5 juta unuk juara III ," jelasnya.

Pameran itu sendiri, lanjut Tommy, akan dilaksanakan mulai Senin (25/7/2016). Sebanyak 70 foto terbaik dari peserta akan dipajang dalam pameran ini. "Silahkan datang ke Mega Mall menyaksikan pameran foto terbaik dari para peserta. Para peserta yang fotonya dipamerkan, juga mendapat hadiah berupa uang Rp1 juta serta piagam," lanjutnya.

Selain pameran, juga akan ada kegiatan polisi seperti pameran alat, seragam, motor dan juga sosialisasi tentang kegiatan polisi polisi lainnya. "Di sini masyarakat bisa lebih mengetahui apa saja tugas-tugas kepolisian," tabahnya lagi.

Sementara Helmy Santika, mengatakan, latar belakang acara ini diadakan selain rangkaian Hari Bhayangkara ke-70, juga untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat kalau polisi juga manusia, dan memiliki kelemahan serta kekurangan. "Dengan foto-foto yang ditampilkan nanti, semoga bisa menjawab kepada masyarakat kinerja polisi dan juga aktivitas diluar jam dinas," katanya.

Helmy menambahkan, pesan yang ingin disampaikan pada acara ini untuk mendekatkan ekspetasi dan kenyataan. Misalnya, ada polisi yang mau bekerja mengendarai sepeda, lelah saat bekerja dan kecapean, sisi humanis serta aktivitas mengantar anak ke sekolah.

Editor: Dardani