Polresta Barelang Musnahkan 2 Kilogram Sabu
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 13-07-2016 | 12:50 WIB
sabu-ilustrasi.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 2.087 gram atau sekitar 2 kilogram lebih narkoba jenis sabu dimusnahkan jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polresta Barelang. Barang haram ini merupakan penyitaan dari dua tersangka yang ditangkap pada pertengahan bulan puasa lalu.

 

Kasatres Narkoba, Kompol Suhardi Hery Haryanto, mengatakan, dua tersangka tersebut, berinisial Im (35) dan Mm (44). Kedua tersangka ditangkap di tempat yang berbeda.

"Im ditangkap di Bandara Hang Nadim oleh Bea dan Cukai Batam, Sabtu (11/6/2016), kemudian diserahkan penanganannya kepada kita. Sementara Mm merupakan TKI ilegal yang ditangkap di pelabuhan rakyat kawasan Nongsa, Senin (13/6/2016)," ujar Hery, Rabu (13/7/2016).

Dijelaskan, dari Im, ditemukan tiga paket sabu seberat 1014 gram sabu yang disembunikan di selangkangannya. Ia diamankan di pintu keberangkatan karena petugas mencurigai gerak-geriknya.

"Modusnya, sabu ini ditempelkan di selangkangan menggunakan lakban. Ia sendiri merupakan calon penumpang pesawat Lion Air JT144," jelas Hery.

Sementara penangkapan Mm, berawal saat jajaran Polsek Nongsa bersama masyarakat sekitar tengah melakukan pencarian terhadap Alan alias Boboi (19) yang nekat melakukan aksi bunuh diri dengan cara terjun dari Jembatan Nongsa Pura.

Pada saat pencarian tengah dilakukan, polisi mendapati informasi dari masyarakat sekitar adanya kapal penyelundupan orang dari Malaysia yang mendarat di pantai Nongsa.

Mendapati informasi itu, Kapolsek Nongsa Kompol S Dalemunthe langsung mengerahkan anggotanya melakukan penelusuran. Didapati puluhan TKI ilegal tengah menyusuri bibir pantai.

Mengetahui adanya polisi yang berada di lokasi, Mm (44) asal Bangkalan, Madura mencoba melarikan diri setelah sempat mencoba melawan. Polisi langsung menghadiahi timah panas di bagian kaki. Begitu diperiksa, ditemukan sabu seberat 1563 gram.

"Total berat keseluruhan sabu ini yakni 2.577 gram. Namun kita sisihkan sebagian kecil untuk pengujian laboratorium dan bukti saat sidang nantinya, sehingg total bersih yang dimusnahkan yakni 2.087 gram," pungkasnya.

Editor: Dodo