Simpang Barelang Macet Panjang, Ini Penyebabnya...
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 30-06-2016 | 17:02 WIB
macet-barelang.jpg

Kemacetan panjang di Simpang Barelang. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kemacetan total terjadi di Jalan R Suprapto tepat sebelum persimpangan Barelang, Kamis (30/6/2016) sekitar pukul 15.00 WIB. Kemacetan ini terjadi lantaran muatan besi baja di sebuah mobil truk trailer tumpah.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kemacetan panjang sudah terlihat mulai dari depan SP Plaza, Sagulung. Jarak antara titik kemacetan awal sampai ke lokasi kejadian sekitar 3 kilometer. Semua kendaraan baik roda dua maupun roda 4 tampak berhenti dan sesekali baru beranjak jalan sekitar 1 meter.

Penyebab kemacetan ini dipicu oleh terjatuhnya 2 buah besi baja yang biasa digunakan untuk penyambung mobil crane. Besi sepanjang kurang lebih 25 meter ini terjatuh tepat di depan Kompi Bantuan Yonif 136/Tuah Sakti, Tembesi.

Setelah terjatuh, dua besi tersebut terguling ke badan jalan dan memalangi ruas jalan protokol tersebut. Akibatnya, arus jalan arah Batuaji Mukakuning terputus. Semua kendaraan yang hendak menuju Barelang juga terpaksa dihentikan sembari menunggu pemindahan kedua besi itu.

"Stop dulu jangan lewat. Pindahkan dulu besinya," ujar salah seorang polisi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, ihwal kejadian ini berawal ketika truk trailer BP 9854 ZE tersebut hendak menuju Tanjunguncang dari arah Mukakuning. Sesampainya di persimpangan ini, muatan sebelah kiri mobil tiba-tiba tumpah.

"Dari sana mobil ini sudah oleng. Gak seimbang dia, pas sampai di sini langsung tumpah," kata Muktiar salah satu saksi mata saat berada di lokasi kejadian.

Muktiar warga Taman Cipta ini menuturkan di saat yang bersamaan, melintas di depannya sebuah mobil sedan warna merah BP 1611 ZP. Mobil sedan ini berusaha menghindar dengan membanting arah stir ke kiri jalan. "Mobil merah ini keluar dari Raider. Kena tabrak bodi di samping sopir, tapi untung cepat banting stir," ujarnya.

Editor: Dodo