Tes Urine Awak Angkutan Umum

Satu Awak Kapal Ferry di Pelabuhan Internasional Batam Center Positif Konsumsi Narkoba
Oleh : Hadli
Sabtu | 25-06-2016 | 13:46 WIB
tes-urine-hang-nadim-2016.jpg

Petugas BNNP Kepri saat menggelar tes urine awak angkutan umum di Bandara Hang Nadim. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 206 awak kapal dan transportasi udara dites urine oleh BNNP Kepri. Satu orang awak kapal di Pelabuhan Fery Internasional Batam Center diketahui positif menggunakan narkoba.

"Kegiatan ini bentuk pengawasan BNN untuk memastikan keadaan lancar saat arus mudik dan balik Idul Fitri," kata Kepala BNNP Kepri, Kombes Pol Beny Setiawan kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (25/6/2016).

Tes urine yang digelar BNNP Kepri pada awak kapal di Pelabuhan Batam Center, Sekupang dan Punggur serta para pilot dan pramugari di Bandara Internasional Hang Nadim Batam berlangsung, Jumat (24/06/2016) kemarin.

"Sangat perlu dilakukan tes urine ini kepada awak kapal dan awak pesawat sebeb mereka membawa puluhan sampaai ratusan jiwa dalam. Bila pengemudi dalam pengaruh narkoba, sangat mengancam keselamatan penumpangnya," ujarnya.

Sebanyak 149 orang awal kapal yang berada di Pelabuhan Sekupang, Batam Center dan Punggur yang di tes urine mereka terdiri dari kapten dan kru kapal. Untuk di Bandara Internasional Hang Nadim sebanayak 57 orang terdiri dari 20 orang pria dan 37 wanita.

Selanjutnya, satu orang awak kapal yang positif narkoba di gelandang ke BNN untuk diambil keterangannya apakah masuk dalam sindikat narkoba dan menjalani rehabilitasi.

Editor: Dodo