Waspadai Aksi Kejahatan Jelang Lebaran

Butuh Pengamanan Transaksi di Bank, Silakan Hubungi Kepolisian
Oleh : Hadli
Sabtu | 25-06-2016 | 13:10 WIB
pengamanan-gratis-tribun.jpg

Ilustrasi. (Sumber foto: Tribunnews)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, aktivitas transaksi perbankan mengalami peningkatan, masyarakat atupun pihak perusahaan yang menjalankan kewajibannya membayar gaji dan THR.

Menyikapi hal itu, Polda Kepri mengimbau kepada masyarakat yang melakukan transaksi dalam jumlah yang besar diharapkan mewaspadai segala bentuk kejahatan yang senantiasa mengintai.

Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono mengatakan, setelah melakukan transaksi pengambilan uang dari bank, diharapkan langsung pulang ke tujuan.

"Kalau pun mendesak harus singgah ke tempat lain, jangan coba-coba meninggalkan barang berharga di dalam mobil yang diparkir walaupun hanya beberapa menit," katanya kepada BATAMTOAY.COM, Sabtu (25/6/2016).

Barang yang berharga ataupun uang yang diambil dari bank harus turut dibawa keluar. Situasi yang ramai, tambahnya, tidak menjamin keamanan. Karena bila ditinggalkan di dalam mobil akan merangsang pelaku melakukan kejahatan seperti pecah kaca.

Selain aksi kejahatan pecah kaca, kriminalitas gembos ban, penodongan juga senantiasa mengintai. Polda Kepri menganjurkan masyarakat yang melakukan transaksi dalam jumlah yang besar dapat menghubungi pihak kepolisian untuk mendapat pengawalan. Satu personel kepolisian sudah ditempatkan di tiap bank.

"Tidak ada biaya yang dikeluarkan. Hal ini dilakukan dalam rangka pelayanan dan pengamanan antisipasi kejahatan yang mulai marak menjelang lebaran. Kewaspadan antisipasi hal utama yang harus dilakukan," ujarnya.

Editor: Dodo