Kapolda Berharap Kenyamanan dan Keamanan Arus Mudik di Pelabuhan Batuampar Tercipta
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 24-06-2016 | 16:10 WIB
kapolda-sam-cek-kelud.jpg

Kapolda Kepri, Brigadir Jendral Sam Budigusdian, berdialog dengan penumpang KM Kelud di Pelabuhan Batuampar. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perpindahan pengoperasian Pelabuhan Beton Sekupang ke Pelabuhan Batuampar diharapkan bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan untuk ara penumpang yang akan melakukan mudik Lebaran 1437 Hijriah ini.

Hal itu disampaikan Kapolda Kepri, Brigadir Jendral Sam Budigusdian, saat mendatangi Pelabuhan Batuampar untuk mengecek situasi arus mudik menjelang Lebaran, Jumat (24/6/2016) siang.

Ditambahkan Sam, kedatangannya juga untuk mengecekan kesiapan pengamanan Operasi Ramadaniyah Seligi 2016. "Kita juga memastikan keamanan tetap tercipta selama arus mudik yang saat ini mulai meningkat," ujar Sam, di lokasi.

Ia juga mengakui, melihat situasi di pelabuhan ini, daya tampung gedung keberangkatan maupun kedatangan penumpang cukup layak, dan ada peningkatan yang signifikan.

"Kita tadi juga memantau ke dalam Kapal Kelud dan wawancara dengan penumpang. Mereka mengatakan cukup puas dengan pelayanan yang ada. Namun karena pelabuhan ini baru, masyarakat menganggap pelabuhan cukup jauh dari ruang tunggu keberangkatan," lanjutnya.

Ia juga berharap renovasi yang dilakukan di Pelabuhan Sekupang bisa cepat selesai, sehingga aktivitas kembali ke sana.

"Pelabuhan di Batuampar ini hanya bersifat sementara, hingga perbaikan di Pelabuhan Sekupang selesai. Jika kita masih mengoperasikan di Sekupang, dikhawatirkan akan mengganggu arus mudik, karena pengerjaan perbaikan terus lanjut," pungkasnya.

Berita sebelumnya, PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Cabang Batam resmi pindah dan beroperasi di dermaga selatan Pelabuhan Batuampar mulai hari ini, Jumat (24/06/2016).

Baca: Begini Suasana Ruang Tunggu Penumpang Pelni di Pelabuhan Batuampar

KM Kelud akan berlayar dari Batam menuju Belawan Medan. Sebelum menuju dermaga selatan Batuampar, tempat kapal besar itu bersandar, calon penumpang akan merasakan suasana yang berbeda di ruang tunggu, dibandingkan pelabuhan sebelumnya, Beton Sekupang.

Suasana sejuk, nyaman dan bersih ini akan dirasakan calon penumpang KM Kelud yang akan masuk di ruang tunggu penumpang. Karena ruang tunggu tersebut dilengkapi AC dan kipas angin, yang membuat ruang menjadi nyaman.

Editor: Dodo