Waspadai Peredaran Uang Palsu Jelang Idul Fitri
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 23-06-2016 | 15:34 WIB
uang-palsu-2.jpg

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Momen hari-hari besar keagamaan, biasanya dimanfaatkan para pelaku kejahatan melancarkan aksinya, seperti menyebarkan uang palsu (upal). Untuk itu, warga diharapkan waspada agar tidak menjadi korban peredaran upal. 

"Warga jangan sampai lengah, kalau hendak transaksi pembelanjaan agar mengecek baik-baik. Uang palsu sama uang benaran bedanya tipis," imbau Kapolsek Batuaji, Kompol Andy Rahmansyah, Kamis (23/6/2016).

Saat melakukan transaksi keuangan dalam jumlah yang besar lanjut Andy, warga diharapkan harus melalui pengamanan, baik lewat kepolisian atau jasa pengaman lainnya. Begitu juga saat melakukan penukaran uang warga dihimbau agar lebih teliti agar tidak terkecok dengan peredaran uang palsu. "Memang selama ini belum kedapatan, tapi alangkah baiknya kita selalu waspada," ujarnya.

Senada disampaikan Andy, Kapolsek Sagulung AKP Chrisman Panjaitan meminta agar masyarakat Sagulung lebih peran aktif menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Aksi kejahatan seperti ini diprediksi akan meningkat menjelang hari raya Idul Fitri nanti. Sebab makin banyak warga yang terdesak dengan berbagai kebutuhan ekonomi dan memaksa mereka untuk melakukan aksi kejahatan.

"Biasakan jadi polisi bagi diri sendiri agar kita semua aman dan tenang. Keluar rumah jangan membawa barang berharga yang memancing aksi kejahatan," imbau Chrisman.

Kepolisian sendiri kata Chrisman akan terus meningkatkan pengamanan baik selama puasa hingga perayaan lebaran nanti. "Untuk pengamanan tetap dengan kekuatan penuh," pungkasnya.

Editor: Dodo