Ini Curhat Warga Soal Banjir di Tiban Center
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 22-06-2016 | 14:58 WIB
banjir-tiban-center1.jpg

Aliran air dari arah Tiban Ayu berkumpul di Tiban Center berakibat banjir selutut orang dewasa dan menyebabkan kemacetan. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banjir yang acap kali terjadi jika hujan deras mengguyur kawasan Tiban dan sekitarnya membuat warga mengeluh. Pemerintah dinilai lamban menangani persoalan klasik ini.

"Dari tahun lalu selalu banjir, tetapi tak pernah ada pembenahan ataupun perbaikan jika memang ada yang bermasalah di drainase," kata Alfa, warga Sekupang, Rabu (22/6/2016).

Dia menyebut, jalur Tiban ini merupakan akses satu-satunya dari Sekupang untuk menuju Batam Center maupun Nagoya secara langsung. Jika sudah terjadi banjir, maka tak ayal kemacetan akan terjadi karena untuk mengambil jalur lain maka harus memutar jauh melewati Batuaji.

Kekesalan Alfa ini sama seperti puluhan warga yang terjebak banjir lantaran kendaraan yang mereka tumpangi mogok.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Batam membuat sejumlah wilayah direndam banjir. Seperti kawasan Tiban Center, banjir yang terjadi mencapai ketinggian selutut orang dewasa pada Rabu (22/6/2016).

Banjir itu terjadi dari arah Tiban Kampung menuju Sekupang, tepatnya Perumahan Tiban Ayu hingga menuju Perumahan Tiban Mas. Banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa terlihat menggenangi di dekat Vitka Tiban Center, tepatnya di depan halte.

"Ngeri banget mas, motor saya sampai mogok pas lewat sana, seperti diterjang ombak," kata Lisnawati, warga Patam Lestari kepada BATAMTODAY.COM.

Lokasi tersebut sering dikepung bajir, ketika curah hujan tinggi. Hal itu disebabkan karena parit yang ada di lokasi tersebut tidak bisa menampung curah hujan yang tinggi. Terhitung lokasi jalan tersebut merupakan cekungan hingga banjir pun tak bisa dibendung.

Editor: Dodo