Polair Polda Kepri Amankan Empat Kapal Asing Curi Ikan di Natuna
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 21-06-2016 | 16:46 WIB
kia-malaysia-formalin.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri berhasil mengungkap dan menangkap empat kapal berbendera asing yang tengah melakukan kegiatan illegal fishing atau mencuri ikan di perairan Indonesia, Natuna, Provinsi Kepri.

"Ya benar kita tangkap kapal diduga illegal fishing," kata Kasubdit Penindakan dan Hukum (Gakkum) Polair Polda Kepri AKBP Nur Santiko membenarkan hal tersebut saat dihubungi, Selasa (21/6/2016).

Berdasarkan informasi saat itu kapal Polair tengah melakukan patroli rutin diperairan Natuna. Dengan titik kordinat 05° 15 001"U 107° 24 235" S kapal patroli menemukan empat kapal yang mencurigakan di perairan tersebut.

Dalam penangkapan pertama Polair lebih dulu mengamankan KM BV516275 bersama nakhoda berkewarganegaraan asing. Tidak berselang lama, kembali mengamankan KM BV 4557TT5, KM BV92639TS dan terakhir KM BUC 459TS diamankan di lokasi yang sama. Nakkoda dan ABK masing-masing kapal juga turut diamankan dalam penangkapan tersebut.

"Empat kapal sekarang masih dalam perjalanan menuju markas Polair dari lokasi penangkapan," kata Nur Santiko mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Cyber Crime Polda Kepri.

Nur mengatakan ketika barang bukti tangkapan empat kapal sudah sampai di Markas Polair Polda Kepri Sekupang, direncanakan tangkapan tersebut langsung dirilis ke awak media oleh Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian.

"Kalau sudah sampai rencana pak Kapolda langsung yang menggelar ekspos. Sekarang masih dalam perjalanan," pungkasnya.

Editor: Dodo