Wilayah Batu Ampar, Lubuk Baja dan Nagoya akan Dialiri Gas Bumi

PGN Rampungkan Pembangunan Jaringan Pipa Gas 18,3 Km di Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Selasa | 21-06-2016 | 09:22 WIB
pgn.jpg

Logo PGN. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan siap mengaliri gas bumi kepada masyarakat di wilayah Lubuk Baja, Nagoya dan Batu Ampar. Menyusul, pembangunan jaringan pipa gas sepanjang 18,3 kilometer (Km) di kawasan bisnis Nagoya, Kota Batam telah rampung.

 

Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo, menyampaikan pengerjaan jaringan pipa gas di kawasan bisnis Nagoya selesai tepat waktu. Sama halnya di Jawa Timur, beberapa proyek pipa gas juga sudah selesai dikerjakan.

"Nantinya, infrastruktur pipa gas bumi ini akan memasok gas ke jasa kemersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya, serta industri di Batam," tulus Dilo, dalam rilis yang diterima BATAMTODAY.COM, Senin (20/6/2016).

Dikatakan Dilo, pipa distribusi gas bumi yang yang dioperasikan PGN di Batam sepanjang 123 Km. Jika ditambah dengan pipa gas di Nagoya, total keseluruhan pipa distribusi gas bumi mencapai 141,3 Km.

Tak hanya itu, kata Dilo, PGN juga sedang menyelesaikan proyek jaringan pipa gas bumi lainnya di Batam. Proyek yang dibangun dengan biaya sendiri itu merupakan penugasan dari Kementerian ESDM, untuk menyambung pipa gas bumi ke kalangan rumah tangga.

Proyek tersebut yakni dari Program PGN Sayang Ibu, untuk pemasangan sambungan gas rumah tangga sebanyak 500 rumah dan 4.000 sambungan gas rumah tangga dari penugasan Kementerian ESDM ke PGN di Batam.

Dalam skala nasional, PGN kata Dilo, telah membangun dan mengoperasikan pipa gas buni sepanjang 7.000 Km. Julmah itu, setara dengan 76 persen pipa gas bumi hilir yang ada di Indonesia.

"Saat ini PGN sudah memasok gas bumi sebanyak 750 rumah tangga di Batam, PGN juga menyalurkan gas bumi ke delapan pembangkit listrik, 29 industri besar, 37 usaha komersil dan UKM," ungkap Dilo.

Saat ini, PGN telah mengaliri gas bumi ke 116.400 lebih pelanggan rumah tangga, 1.879 usaha kecil, mall, hotel, rumah sakit, restoran dan rumah makan. Sementara untuk industri berskala besar dan pembangkit listrik sekitar 1.576 pelanggan.

Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah, masing-masing Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Editor: Dardani