Pelni Cabang Batam Tunda Pemindahan Dermaga ke Pelabuhan Batu Ampar
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 20-06-2016 | 16:58 WIB
ending-wahyudi.jpg

Kepala Pelni cabang Batam, Ending Wahyudi.

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam menunda pemindahan dermaga dari Pelabuhan Beton Sekupang (PBS) ke dermaga selatan Pelabuhan Batu Ampar.

Kepala Pelni cabang Batam, Ending Wahyudi ditemui di kantornya, mengaku wacana pemindahan dermaga yang direncanakan mulai beroperasi 21 Juni batal dilakukan sesusai hasil rapat.

"Tadi pagi kita menggelar rapat dari berbagai unsur. Salah satunya dengan Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam bersama instansi lain. Dalam rapat sepakat ditunda pemindahan pelabuhannya ke Batu Ampar," kata Ending, Senin (20/6/2016).

Sehingga untuk itu besok Selasa (21/6/2016), KM Kelud tetap berlabuh di Pelabuhan Beton Sekupang (PBS) dengan tujuan Tanjungpriok, Jakarta. "Ruang tunggu penumpang sudah ada, tapi fasilitasnya kurang memadai. Mengingat Pelabuhan Batu Ampar itu bongkar muat barang bukan untuk penumpang," katanya.

Fasilitas yang dimaksud adalah ruang tunggu penumpang yang belum ada pendingin udara dan lain-lain yang belum disediakan oleh pengelola pelabuhan yakni BP Batam.

"Di sana fasilitasnya belum siap dan kita minta untuk dibenahi sebelum pindah. Terutama ruang tunggu penumpang yang belum ada disediakan AC ataupun kipas angin," kata Ending.

Untuk itu pemindahan, dari hasil rapat diwacanakan pada Jumat 24 Juni dengan tujun Belawan, Medan. Namun wancana itu masih menunggu pembahasan, lantaran Wali Kota Batam Rudi melalui Dinas Perhubungan menghawatirkan keselamatan penumpang.

"Dari hasil rapat Jumat kita sudah bisa pindah. Tapi wali kota melalui Dishub meminta jangan buru-buru pindah lantaran menyangkut keselamatan warga Batam dalam mudik lebaran," tuturnya.

Untuk itu pihaknya masih menunggu rapat yang akan digelar pemerintah Kota Batam bersama itansi terkait dalam wancana pemindahan pelabuhan pada Jumat mendatang.

Editor: Dodo