Alamak, Gegara Penumpang Sopir Bakar Sopir
Oleh : Harun al Rasyid
Sabtu | 18-06-2016 | 12:26 WIB
Sopir-Vs-Sopir.jpg

Roni, warga perumahan Bambu Kuning Puskopkar, Buliang, Batuaji tega membakar teman seprofesinya sesama sopir lantaran sakit hati (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang sopir angkutan umum jenis Anugerah, Roni Nainggolan (39) tega membakar rekan seprofesinya sesama sopir, tepat di depan kawasan Kamo Indutri, Batam Center, Kamis (16/6/2016) sore. Penyebab kejadian ini diketahui karena saling rebutan penumpang.

Roni, warga perumahan Bambu Kuning Puskopkar, Buliang, Batuaji, menuturkan awal kejadian ini karena ia tak terima lantaran Pandu Sinaga sang korban menyerobot penumpang jatahnya. Dikatakan Roni, setiap kali ia hendak menaikkan penumpang selalu saja diserobot korban. Kejadian ini menurut Roni bukan baru terjadi melainkan sudah lama dan berulang-ulang.

"Dia (Pandu, red) selalu cari masalah dengan saya cuma selama ini saya sabar, mengalah saja. Tapi kok terus-terusan dia langkahi saya," tutur Roni ketika diekpose di Polsek Batuaji, Jumat (17/6/2016).

Puncaknya, ketika hendak menjemput penumpang sewaan pada Kamis (16/6/2016) sore lalu, dalam perjalanan dari Batuaji ke Batam Center, kata Roni, korban sengaja menempel ketat kendaraannya. Setiap kali ia berhenti, korban juga ngetem di depannya. Begitu juga ketika Roni hendak jalan, korban selalu berusaha mendahuluinya.

"Saya tanya dia kenapa kamu selalu cari masalah dengan saya. Dia bilang suka-suka saya, sama-sama cari penumpang kok. Makanya kami bertekak sampai berantem," ungkapnya.

Awalnya Roni hanya bermaksud menegur sikap korban sesama sopir ini. Lantaran jawaban korban tak mengenakkan, Roni langsung naik pitam dan perkelahianpun tak dapat dielakkan.

"Pertamanya kami duel satu lawan satu. Tapi saya rasa dia ada teman yang bantu, soalnya saya ditendang dari belakang," ujar Roni.

Merasa kalah tenaga, Roni kalang kabut dan langsung meraih botol berisi bensin yang berada tak jauh dari posisi berdirinya. Bensin tersebut disiram ke badan korban dan menyulutkan api sejurus kemudian. Seketika, badan korban langsung dilalap si jago merah.

"Berantem gak tahan, aku juga udah lebam semua wajahku. Pas di samping saya ada bengkel jual bensin, langsung saya bakar. Dari pada saya kenapa-kenapa mending saya bakar," tuturnya.

Selepas kejadian ini, Roni tak langsung melarikan diri, ia masih melihat dari kejauhan. Sementara beberapa kawan seprofesi ikut berusaha memadamkan api yang kian melahab tubuhnya. Korban pun akhirnya langsung di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batuaji.

Kanit Reskrim Polsek Batuaji, Iptu M. Said mengatakan, akibat pembakaran sesama sopir angkutan ini, korban mengalami luka bakar sekitar 20 persen. Luka bakar terdapat pada leher, tangan dan lengan sebelah kiri.

"Kita tangkap pelaku di sekitar Mandalai, Sagulung. Korban masih di RSUD," kata M. Said.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya lanjut M. Said, pelaku dikenakan pasal 187 tentang pembakaran dan pasal 351 tentang penganiayaan. "Kita sudah tanyakan saksi-saksi dan barang bukti berupa mancis dan botol bensin. Sekarang masih kita proses lebih lanjut," tutupnya.

Editor: Udin