Sambut Mudik Lebaran, Seluruh Kapal Feri Domestik Sekupang Diperiksa
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 11-06-2016 | 17:42 WIB
Pelabuhan-Sekupang.jpg

Seluruh kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang yang beroperasi sehari-hari sebanyak 25 unit itu akan dilakukan pemeriksaan guna memenuhi standar operasional berlayar dalam menyambut arus mudik lebaran (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam persiapan menyambut arus mudik lebaran, jasa trasportasi jalur laut mulai berbenah, khususnya kapal penumpang guna melayani masyarakat. Bahkan, sejumlah kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang wajib diperbaiki (docking), guna memenuhi standar operasional berlayar.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Komaruddin, menyatakan, seluruh kapal penumpang perlahan mulai naik dok untuk perbaikan guna peningkatan pelayanan.

"Rata-rata sudah naik dok kapal feri di PDS, untuk menyambut lebaran nanti," kata Komaruddin saat ditemui di dermaga PDS, Sabtu (11/06/2016)

Disamping itu, katanya lagi, tim Marine Inspector Syahbandar Batuampar sejak kemarin terus melakukan pemeriksaan awak kapal guna menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran.  

Bahkan hingga hari kedua ini, tim Marine Inspector sudah memeriksa empat kapal yang terdiri dari kapal Mikonata 99, 89, Mikonatalia dan Srikandi 7. Sejatinya menurut dia, seluruh kapal di Domestik yang beroperasi sehari-hari sebanyak 25 unit itu akan dilakukan pemeriksaan.

"Sudah 4 kapal yang diperiksa. Semua kapal yang beroprasi dari Domestik akan diperiksa tim. Hasilnya akan dilaporkan ke Pusat," katanya.

Pemeriksaan kapal ini dilakukan agar semua alat trasportasi harus dalam keadaan baik dan siap beroperasi dalam menyambut mudik lebaran. Sehingga dari temuan pemeriksaan, kekurangan dan kerusakan kecil harus segera diperbaiki oleh operator kapal.

"Sebelum lebaran, temuan-temuan yang dinilai kurang standar operasional harus diperbaiki oleh operator. Karena ini menyangkut keselamatan dan keamanan penumpang. Kalau tidak diperbaiki kami tak izinkan berlayar," pungkasnya.

Editor: Udin