TNI AL Masih Selidiki Penyebab Tergelincirnya Pesawat Cassa CN-212 di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Jum'at | 10-06-2016 | 15:34 WIB
pesawat-AL-tergelincir112.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - TNI AL masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan pesawat jenis Cassa CN-212 dengan nomor U-621 yang tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim  Batam (HNB), Jumat (9/6/2016) sekitar pukul 07.15 WIB. 

"Masih kami dalami. Yang jelas sebelum terbang dari Tanjungpinang ke Batam kondisi pesawat dalam kondisi baik. Kalau tidak baik, tidak akan terbang," kata Komandan Wing Udara 2 Tanjungpinang Letkol Laut (P) Ludi Muharjo.

Saat pesawat pemantau itu mendarat di landasan pacu Bandara Internasional Hang Nadim, cuaca dalam kondisi baik. "Kami belum bisa menjelaskan kerusakannya. Bisa jadi mesin, bisa jadi yang lain. Nanti kalau sudah dicek lebih lanjut akan kami sampaikan hasilnya," jelas Ludi kembali.

Ia menjelaskan masih menunggu personil yang akan melakukan pengecekan peswat hingga diketahui lebih lanjut kerusakan akibat tergelincir.

Menurutnya, pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Tanjungpinang, Provinsi Kepri sekitar pukul 06.30 WIB menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Di Batam rencanannya akan mengisi bahan bakar untuk selanjutnya melakukan patroli sampai ke Jakarta," jelas dia.

Ludi juga menjelaskan, sebanyak lima orang kru dalam pesawat yang mengalami kecelakaan dalam kondisi selamat. "Kru pesawat semua dalam kondisi baik. Hanya kerusakan material kecil saja," terang dia.

Akibat kecelakaan itu, Bandara Internasional Hang Nadim Batam sempat ditutup sekitar 2 jam untuk keperluan evakuasi pesawat. Akibatnya sebanyak 19 penerbangan tertunda, baik yang datang maupun yang berangkat.

Setelah berhasil dilakukan evakuasi, sekitar pukul 09.20 WIB Bandara Internasional Hang Nadim kembali dibuka dan saat ini kondisi bandara berangsur membaik.

Editor: Dodo