Ajang Tour de Barelang Sepi Penonton, Ini Dalih Yusfa Hendri
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 14-05-2016 | 16:34 WIB
tour-de-barelang-2016.jpg

Peserta Tour de Barelang 2016 lepas dari garis start. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak seperti kejuaraan balapan sepeda di Bintan yang ramai penonton, ajang Tour de Barelang 2016 terlihat sepi penonton, baik wisatawan maupun masyarakat Batam sendiri. Padahal, ajang ini sudah digelar kali kelima oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

"Antusias masyarakat dalam kegiatan ini sangat sepi, berbeda dengan kejuaraan di Bintan. Harusnya Dispar Kota Batamn meningkatkan sosialisasi," ujar perwakilan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Dusep Mulya, Sabtu (14/5/2016).

Dusep menjelaskan seharusnya dalam kegiatan ini banyak pengunjung dari masyarakat Batam maupun wisatawan yang hadir, karena Batam banyak memiliki obyek wisata.

"Di Kepri seperti Batam dan Bintan banyak tempat-tepat yang bagus dan patut dikunjungi. Dispar seharusnya meningkatkan sosialisasi sebelum digelarnya kejuaran internasional ini," ujarnya

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Yusfa Hendri berdalih sepinya penonton acara ini lantaran tempat kegiatan yang dilakukan di dalam Pelabuhan Internasional Sekupang yang disebutnya bukan area publik.

"Antusias masyarakat kemungkinan bisa dilihat besok, karena kegiatan kedua di lapangan Engku Putri. Karena lokasi itu menjadi pablik area," tuturnya.

Yusfa mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya setidaknya menyedot 350-400 orang wisatawan asing, baik itu peserta maupun panitia.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Menteri Pariwisata menargetkan wisatawan asing ke Batam pada 2016 harus mencapai 1,8 juta sehingga kita bersama-sama meningkatkan dan mengadakan kegiatan," pungkasnya.

Editor: Dodo