Nurdin Resmikan Rumah Pemotong Unggas Berlabel Halal di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 13-05-2016 | 18:14 WIB
Plt-Gubernur-resmikan-RPU-halal.jpg

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun meresmikan Rumah Potong Unggas (RPU) berlabel halal di Marina Sekupang, Batam (Foto: Irwan HIrzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan,  Rumah Potong Unggas (RPU) di Batam itu, menjadi satu-satunya di Indonesia yang berlabel halal. Sehingga diharapkan berjalan dengan lancar. 

"Agar menjadi contoh di daerah-daerah lain. Karena di Indonesia satu-satunya, itu hanya di Batam," kata Nurdin.

Dia berharap para pengusaha unggas di Batam, bisa memanfaatkan pemotongan ayam yang terjamin kehalalannya tersebut. "Memang saat ini pengusaha ayam memotong ke tokoh agama, tapi lebih efisien jika diarahkan ke sini," tuturnya.  

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kota Batam, Zulkifli Aka, mengatakan Rumah Potong Unggas ini bisa menampung 10 ton ayam perhari.

Prosesnya lebih simpel, puluhan ayam digantung dengan kakinya ke mesin yang sudah disediakan dan dipotong oleh petugas yang sudah memiliki sertifikat halal. Setelah itu ayam langsung direndam air panas dengan suhu 60 derajat.

"Setelah panas, ayam langsung dibersihkan dengan mesin. Barulah kemudian ayam siap dibawa masyarakat dengan label plastik madani," pungkasnya.

Editor: Udin