Bukannya Dibongkar, Kios Liar di Sagulung Malah Makin Dipercantik
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 12-05-2016 | 15:22 WIB
kios-liar-sagulung.jpg

Inilah kios liar di kawasan Sagulung yang dibangun di atas buffer zone. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa minggu belakangan, Pemerintah Kota Batam gencar menggusur kios-kios yang pendiriannya menyalahi aturan. Dalam penggusuran, ada juga pemilik kios liar yang "rela" membongkar asetnya tersebut. 

Tapi pemandangan berbeda terlihat di kios liar milik Bm, salah satu oknum Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam yang terletak di buffer zone depan ruko Citra Raya Sagulung. Bila di tempat lain mengurungkan diri dengan tidak lagi mendirikan tambahan bangunan, Bm Malah mempercantik bangunan liarnya dengan memasang keramik untuk tempat parkir mobil rental.

Memang, selain dijadikan pujasera, warnet dan tempat cucian kendaraan, kios liar milik Bm juga dijadikan tempat rental mobil. "Ini mau bangun tempat buat parkir mobil. Kita disuruh kerja saja, kalau masalah gusur, kita tak tahu," ujar salah satu pekerja di bangunan liar milik Bm, Kamis (12/5/2016).

Menurut Yakobus, salah seorang warga sekitar, bangunan permanen yang berdiri di samping Jalan R. Suprapto ini sudah berdiri selama 1 tahun belakangan. Namun, kehadiran rental mobil dan beberapa tambahan usaha lain baru tampak sekitar 3 bulan ini.

"Bangunan ini kan sudah lama. Setahu saya dulu cuma buat cucian mobil sama warung makan," ujar Yakobus. Baca juga: 130 Kios Liar di Simpang Kara Digusur Tanpa Perlawanan

Lalu, kata Yakobus, lamban laun Bm mulai memperlebar sayapnya dengan membuka usaha sampingan meski tempat usahanya itu dibangun di ROW jalan maupun buffer zone.

"Bangunan mushala itu baru dia bangun juga. Mungkin sengaja biar tak ada yang berani gusur," ucapnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, tepat di samping warnet dan pujasera milik BM ini terdapat bangunan tempat ibadah yaitu mushala. Sementara di depannya terdapat bangunan lain seperti penjualan alat aksesoris mobil, warung makan, cucian mobil, tempat gunting rambut dan rental mobil.

Bangunan liar yang berjarak sekitar 4 meter dari baju jalan ini juga sedang dipercantik oleh karyawan Bm. Tampak mereka memasang keramik di dalam komplek yang rencananya akan digunakan sebagai parkiran mobil rental.

Baca juga: Oknum BPN dan Satpol PP Diduga Bekingi Bangunan Liar di Sagulung

Editor: Dodo