Wow, Penumpang di Hang Nadim Tembus 26 Ribu Orang Saat Libur Nasional
Oleh : Hadli
Senin | 09-05-2016 | 14:25 WIB
suwarso-baru.jpg

Kepala Bagian Umum Hang Nadim Batam, Suwarso.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puncak arus baik libur nasional, Minggu (8/5/2016) melalui Bandara Hang Nadim tembus angka 10 ribu lebih penumpang. Kepadatan yang terjadi menyebakan penundaan penerbangan hingga berjam-jam.

"Puncak liburan tanggal 8 Mei kemarin jumlah penumpang yang datang berjumlah 10.136 orang," kata Kepala Bagian Umum Hang Nadim Batam, Suwarso, Senin (9/5/2016).

Batam menjadi salah satu daerah yang dikunjungi pada liburan panjang. Dari data Bandara Hang Nadim yang disampaikan Suwarso, pada Jumat -Sabtu (6-7/5/2016) tercatat sebanyak 15.922 penumpang yang datang.

"Total keseluruhan penumpan yang datang sejak Jumat hingga puncak balik libur nasional pada Minggu sebanyak 26.058 penumpang. Hari Jumat-nya 6.909 orang, dan Sabtu sebanyak 9.013 orang penumpang," jelasnya.

Kepadatan penumpang yang datang berdampak kepada aktivitas keseluruhan Bandara Hang Nadim. Seperti kemacetan kendaraan di pintu masuk antrean, parkiran mobil, serta terjadi antrean pesawat di appron. Sehingga penumpang yang berangkat terpaksa menungu lama dari jawal keberangkatan.

"Ada 4 pesawat yang mengantre karena belum bisa masuk ke appron untuk menurunkan penumpang hingga 25 menit karena garbarata dan tempat parkir di apronn penuh," ujar Suwarso.

Pada jam-jam tertentu di hari biasa, tambahnya, antrean pesawat di appron terjadi, karena jadwal pesawat hampir bersamaan. Apalagi kondisi kemarin dalam masa arus balik libur nasional sehingga sudah tidak bisa terelakkan lagi.

"Ada jam jam tertentu yang memang padat karena jadwalnya bersamaan. Tahun ini akan kita bangun penambahan perluasan parkir, doakan saja bisa segera terealisasi," ujar Suwarso.

Baca: Perluasan Appron Bandara Hang Nadim Batam Bernilai Rp70 Miliar Bakal Dilelang Mei 2016

Editor: Dodo