Lelang Perluasan Appron Hang Nadim Tunggu Kebijakan Kepala BP Batam yang Baru
Oleh : Hadli
Selasa | 26-04-2016 | 13:16 WIB
suwarso-baru.jpg

Suwarso, Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Lelang perluasan kapasitas appron Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih menunggu kebijakan dari Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro.

"Lelang belum dilaksanakan. Masih menunggu arahan pimpinan baru," kata Suwarso, Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (26/4/2016).

Menurutnya, perluasan appron sudah sangat mendesak. Dari 165 meter persegi saat ini akan ditambah menjadi 40 ribu meter persegi dari kapasitas 22 pesawat jenis Boeing737 atau Airbus A320 menjadi 30 pesawat sejenis.

"Karena saat ini setiap hari terjadi antrian pada jadwal tertentu. Pesawat yang baru mendarat harus menunggu pesawat lainnya yang keluar dari appron," ujarnya.

Dengan kondisi yang terjadi saat ini sangat tidak efektif untuk operasional penerangan dan kemajuan Hang Nadim Batam sebagai bandara bertaraf internasional.

"Tahun ini mudah-mudahan terlaksana pembangunannya. Karena itu memang sangat dibutuhkan demi kelancaran penerbangan pesawat," tambahnya.

Dalam upaya pengerjaan perluasan appron, tambah Suwarso dibutuhkan penambahan jalur Fuel Distribution System. Jaringan pipa bahan bakar pesawat ini ditangani langsung oleh pihak Pertamina.

"Kemarin sudah dilakukan cek fisik. Data-data kelengkapan persiapan pemasangan FDS telah dilakukan oleh Pertamina dan BP Batam. Saat ini sedang verifikasi," terangnya.

Editor: Dodo